Interior

7 Jenis Atap Kanopi Minimalis Di Indonesia 

Advertisements

7 Jenis Atap Kanopi Minimalis Di Indonesia 

Sumber: Youtube

Rumah yang minimalis dan cantik harus didesain dengan maksimal. Semakin hari minat akan penggunaan kanopi minimalis semakin meningkat. Seiring berkembangnya minat akan penggunaan kanopi maka variasi jenis atap kanopi ini semakin beragam bentuknya. 

Inilah beberapa macam-macam kanopi serta penjelasannya berikut ini:

1. Kanopi Membrane

Sumber: Mitra membrane

Untuk urutan yang pertama ada kanopi membrane, hal ini dikarenakan berkat daya tahannya yang tergolong kuat. 

Bahan dasar yang berupa kain membrane khusus menghasilkan kanopi yang kuat untuk menahan paparan sinar matahari. 

Untuk kelebihannya atap kanopi membrane adalah elastisitasnya yang tinggi sehingga tidak mudah robek. Selain itu tipe bentuk atap ini direkomendasikan untuk rumah yang sering diterpa angin kencang. 

Untuk kisaran harganya lumayan tinggi yaitu harga per meter perseginya terbilang mahal yaitu kisaran harga antara Rp750 ribu hingga Rp1,8 juta. Harga yang ditawarkan ini sesuai dengan model serta desain yang dipilih untuk atap garasi. 

2. Kanopi Kain Modern

Sumber: Shopee

Kanopi kain modern memakai bahan dasar atap dari beragam material kain seperti kanvas, kain akrilik, katun, dan benang polyester. 

Untuk varian motif serta warna yang biasa digunakan untuk keperluan kedai kopi, hotel, kanopi rumah, atau kanopi warung.

Untuk harga yang ditawarkan lebih murah dari kanopi sebelumnya. Yaitu antara Rp280-380 ribu/m2 untuk bahannya saja, belum biaya pemasangan. 

3. Kanopi Baja Ringan

Sumber: Dekoruma

Kanopi baja ringan adalah bahan pembentuk rangka kanopi berupa baja ringan yang cocok untuk keperluan hunian atau bangunan permanen. 

Kanopi baja ringan ini memiliki kelebihan pada kekuatan dan ketahanannya dan mudah tahan akan gangguan rayap, pelapukan, dan anti karat. 

4. Kanopi Alderon

Sumber: Central Kanopi

Ada keunikan dari kanopi alderon, yaitu bentunya yang unik seperti gelombang teratur yang menjadi kelebihan kanopi alderon ini terbuat dari bahan atap kanopi PVC ini. 

Advertisements

Jika kamu sedang mencari bentuk kanopi yang bisa selalu melindungi ruangan maka kanopi jenis ini yang harus kamu pilij, namun memang yang harus diperhatikan adalah harus senantiasa terjaga suhunya. 

Maka kanopi alderon menjadi pilihan yang tepat karena sifatnya yang tidak menyerap panas. Untuk harga yang berada di pasaran yaitu Rp390-450ribu/m2.

5. Atap Kanopi Polycarbonate

Sumber: Arafuru

Untuk jenis yang berikutnya adalah kanopi polycarbonate yang banyak ditemukan sebagai penutup gudang, carport, dan tempat jemur yang memang membutuhkan cahaya. 

Meski transparan, tetapi kanopi mampu meredam panas hingga 90% sehingga cahaya yang masuk terasa lebih sejuk. 

Untuk variasi harga kanopi polycarbonate dengan kisaran yang beragam yaitu Rp145-750 ribu/m2 dengan warna-warni yang fresh dan menarik. 

6. Kanopi Awning Gulung

Sumber: Bengkel Las Bandung

Apakah kamu pernah melihat struktur payung raksaksa penutup Masjid Nabawi Madinah yang bisa menutup dan membuka secara otomatis?

Nah itulah contoh pemakaian atap kanopi awning gulung yang sudah terintegrasi dengan sistem motor otomatis yang dapat kamu gerakan dengan remot. 

Karena memiliki keunikan seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka sesuai dengan harga yang ditawarkan yaitu berkisar dari Rp1,2-1,7 juta/m2. 

7. Atap Kanopi Kaca

Sumber: Shopee

Untuk kualitas yang ditampilkan dari kanopi kaca adalah tampilannya yang mewah, bersih, dan elegan untuk hunian.

Meskipun tidak banyak dipakai seperti kanopi lainnya tapi bahan kaca ini masih menjadi pilihan bagi orang yang ingin menampilkan suasana premium pada bangunan. 

Kanopi jenis ini cocok digunakan sebagai kanopi samping rumah. Untuk harganya sesuai dengan kualitas yaitu berkisar dari Rp680 ribu/m2 hingga Rp2,1 juta/m2. 

Baca juga: 4 Daftar Jam Tangan Hublot Termahal Di Dunia

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *