Advertisements

Ternate, salah satu pulau di Provinsi Maluku Utara, Indonesia, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, tetapi juga dengan warisan budayanya yang kaya. Ketika berkunjung ke Ternate, mencari oleh-oleh khas ternate menjadi pengalaman tak terlupakan. Artikel ini akan membimbing Anda untuk menggali kekayaan budaya Ternate melalui oleh-oleh yang dapat membawa potongan keindahan dan cita rasa pulau ini.

1. Kerajinan Tangan dari Kulit Buah Pinang

Salah satu oleh-oleh yang paling khas dari Ternate adalah kerajinan tangan dari kulit buah pinang. Buah pinang yang khas di pulau ini diolah menjadi aneka produk, mulai dari topi, tas, hingga hiasan dinding. Keunikan bentuk dan kehalusan kerajinan ini mencerminkan keahlian tangan para pengrajin lokal.

Sumber: Pinhome Blog

2. Ikan Asin Ternate

Ternate dikenal sebagai surga bagi pecinta kuliner, dan ikan asin Ternate menjadi oleh-oleh yang tak boleh dilewatkan. Ikan hasil laut segar diolah dengan resep tradisional, menciptakan citarasa asin yang lezat. Dalam kemasan yang menarik, ikan asin Ternate dapat menjadi oleh-oleh yang praktis dan nikmat.

Sumber: Wisata Bahari Maluku Utara

3. Cengkeh Ternate

Sebagai salah satu pulau penghasil cengkeh terbaik di dunia, Ternate menyuguhkan oleh-oleh berupa cengkeh dalam berbagai bentuk. Mulai dari cengkeh kering hingga minyak cengkeh, produk ini tidak hanya dihargai sebagai rempah khas, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Sumber: Kalesang

4. Kain Tenun Tradisional

Keindahan kain tenun tradisional Ternate mencerminkan keahlian tinggi para pengrajin lokal. Pola-pola yang khas dan warna-warna cerah menjadikan kain tenun ini sebagai oleh-oleh yang unik dan bernilai seni tinggi. Pilihlah kain tenun Ternate sebagai kenang-kenangan yang istimewa.

Sumber: Indonesia Kaya

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Viral 2023

Advertisements

5. Bumbu Rempah Ternate

Ternate dikenal sebagai salah satu penghasil rempah-rempah terbaik di Indonesia. Oleh-oleh berupa bumbu rempah khas Ternate, seperti bubuk cengkeh, pala, dan lada hitam, dapat memperkaya dapur Anda dengan cita rasa autentik dan segar.

Sumber: Suara.com

6. Sirih Pinang dan Gambir

Dalam tradisi Ternate, sirih pinang dan gambir sering digunakan dalam upacara adat dan sebagai tanda persahabatan. Anda dapat membawa pulang sirih pinang dan gambir dalam kemasan khas Ternate sebagai oleh-oleh yang sarat makna budaya.

Sumber: Unair News – Universitas Airlangga

7. Keripik Pisang Khas Ternate

Untuk para pencinta camilan, keripik pisang khas Ternate dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang lezat. Pisang lokal diolah dengan cara khas, menciptakan keripik yang renyah dan manis. Kemasan yang cantik membuatnya menjadi oleh-oleh yang cocok untuk dibagikan kepada teman dan keluarga.

Sumber: PaDi UMKM

8. Kue Khas Ternate: Nasi Jaha dan Dodol

Nasi Jaha, sejenis kue tradisional Ternate, terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun pisang dan dipanggang hingga matang. Dodol Ternate, yang terbuat dari kelapa dan gula kelapa, juga menjadi oleh-oleh manis yang banyak diminati.

Sumber: Viva

Penutup

Melalui oleh-oleh khas Ternate, Anda dapat membawa pulang sejumput keindahan dan kekayaan budaya pulau ini. Dari kerajinan tangan hingga rempah-rempah, setiap produk mencerminkan keahlian dan warisan yang berharga. Dengan memilih oleh-oleh Ternate, Anda tidak hanya membawa pulang suvenir, tetapi juga menyelami kearifan lokal yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Selamat berbelanja dan merasakan keajaiban Ternate dalam genggaman tangan Anda!

BACA JUGA: 8 Oleh-Oleh Khas Jogja

Advertisements