Travel

8 Oleh-Oleh Khas Jogja

Advertisements

Yogyakarta, kota istimewa dengan kekayaan sejarah dan budaya yang melimpah, tidak hanya menawarkan destinasi wisata yang menakjubkan, tetapi juga menyajikan oleh-oleh khas yang menggoda lidah dan mata. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi kelezatan dan keindahan budaya yang dapat kita bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari perjalanan di tanah kelahiran batik dan kraton ini. Berikut adalah 8 oleh-oleh khas Jogja:

1. Bakpia: Kekayaan Rasa dalam Gigitan Kecil

Bakpia, kudapan yang terkenal di Jogja, menggoda selera dengan isian yang lezat seperti kacang hijau, kacang tanah, cokelat, atau keju. Kemasannya yang unik dan rasa yang khas membuat bakpia menjadi oleh-oleh yang dicari oleh wisatawan. Toko bakpia terkenal seperti Bakpia Pathuk dan Bakpia 25 menghadirkan pilihan rasa dan kelembutan yang tidak boleh dilewatkan.

Sumber: kamuswisata

2. Batik: Seni Tradisional yang Terekam dalam Kain

Jogja adalah pusat batik di Indonesia, dan oleh-oleh khas yang paling autentik adalah batik hasil tenun tangan. Motif-motif khas Jogja yang sarat makna memperkaya kain batik, menciptakan karya seni yang bisa diwariskan dari generasi ke generasi. Pusat batik seperti Malioboro dan Prawirotaman menawarkan berbagai pilihan untuk para penggemar batik.

Sumber: Jogja keren

3. Gudeg: Nectar Kulinari dari Tanah Raja-Raja

Gudeg, masakan tradisional Jogja, adalah ragam lezat yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Rasa manis yang khas membuat gudeg menjadi favorit wisatawan yang ingin membawa pulang pengalaman kuliner Jogja. Pusat-pusat oleh-oleh seperti Gudeg Yu Djum dan Gudeg Pawon menawarkan kelezatan gudeg dalam kemasan yang siap dibawa pulang.

Sumber: Orami

4. Kerajinan Perak: Elegansi dalam Sentuhan Tangan Pengrajin Lokal

Oleh-oleh khas Jogja juga termasuk perhiasan perak yang memukau. Perajin lokal menghasilkan perak yang dirancang dengan cantik, menciptakan cincin, kalung, dan gelang yang unik. Bawa pulang keindahan perak Jogja dari sentra kerajinan di Kota Gede dan Prawirotaman untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Sumber: Lovely Mom, Lifestyle Blogger Nur Rochma

BACA JUGA: Ini Dia Beberapa Rekomendasi Hotel Murah di Solo

Advertisements

5. Jamu: Rempah Tradisional untuk Kesehatan dan Kelezatan

Jamu, minuman tradisional khas Indonesia, juga dapat menjadi oleh-oleh yang bermanfaat. Jamu Jogja terkenal dengan kombinasi rempah-rempah yang berkhasiat untuk kesehatan. Kunjungi toko jamu seperti Jamu Nyonya Peneleh dan Jamu Jago untuk membawa pulang jamu dengan berbagai varian dan khasiat

Sumber: Bakpia Kukus Tugu Jogja

6. Wayang Kulit: Memboyong Pertunjukan Seni Tradisional

Wayang kulit, seni pertunjukan tradisional yang khas, dapat dijadikan oleh-oleh dalam bentuk wayang miniatur atau kulit wayang yang dihias. Pusat oleh-oleh di sekitar Keraton Yogyakarta menyediakan pilihan yang menarik untuk para pecinta seni dan budaya.

Sumber: Tokopedia

7. Kaos Sablon: Merangkai Kenangan dengan Gaya Jogja

Kaos sablon dengan desain yang unik dan kreatif mencerminkan nuansa khas Jogja. Motif-motif seperti gambar ikonik Malioboro, kraton, atau Tugu Jogja akan membuat kaos ini menjadi kenang-kenangan yang penuh gaya dari perjalanan Anda.

Sumber: Bikin Kaos Jogja

8. Kecap Manis: Cita Rasa Pedas Gurih yang Menggoda Selera

Kecap manis khas Jogja memiliki cita rasa yang berbeda, dicampur dengan rempah-rempah dan bumbu khas. Bawa pulang botol kecap manis Jogja untuk menambahkan sentuhan khas pada masakan di rumah Anda.

Sumber: Tokopedia

Kesimpulan

Jogja bukan hanya tempat untuk melihat pemandangan yang menakjubkan dan merasakan sejarah yang kaya, tetapi juga destinasi belanja oleh-oleh yang tak tertandingi. Dari lezatnya bakpia hingga kecantikan batik, setiap oleh-oleh khas Jogja mencerminkan keunikan dan keindahan budaya yang dapat Anda bawa pulang untuk merangkai kenangan tak terlupakan dari tanah raja-raja ini.

BACA JUGA: 7 Nama Stasiun Di Yogyakarta Yang Masih Aktif

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *