Advertisements

Ternyata Ini Arti Dari Hari Valentine yang Sebenarnya, Simak Selengkapnya di Sini!

Valentine’s day merupakan momen peringatan kasih sayang yang ramai dilakukan oleh masyarakat di berbagai belahan negara. Pada umumnya, hari valentine akan dirayakan setiap tanggal 14 Februari.

Namun, masih banyak orang yang penasaran dengan makna dari hari valentine itu sendiri. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi seputar seluk beluk hari valentine, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Arti Hari Valentine

Sumber: Freepik

Perlu diketahui, hari valentine artinya merujuk pada momen bagi setiap pasangan kekasih untuk mengungkapkan dan menunjukkan kasih sayang terhadap pasangannya dengan cara memberikan kado maupun hadiah.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini hari valentine memiliki makna yang luas. Tak hanya untuk kekasih, hari valentine juga akan dirayakan untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang terhadap keluarga, kerabat, dan sahabat. Menurut informasi yang didapat, hari valentine selalu identik dengan berbagai hal seperti berikut:

  • Cupid (merupakan dewa cinta dari legenda Romawi kuno)
  • Burung (dipercaya bahwa musim kawin burung berlangsung pada pertengahan bulan Februari, sehingga burung dijadikan sebagai simbol hari valentine)
  • Bunga mawar (khususnya bunga mawar bewarna merah yang dianggap sebagai simbol kecantikan dan kasih sayang).

2. Arti Hari Valentine Berdasarkan Sejarahnya

Sumber: Blibli

Sebenarnya ada berbagai versi mengenai sejarah terciptanya perayaan hari valentine. Adapun mengenai salah satu sejarahnya yang paling dikenal oleh masyarakat, yakni hari valentine berasal dari seorang pendeta yang bernama Valentine.

Kabarnya, pendeta tersebut menentang rezim kaisar Romawi dan secara diam-diam telah menikahkan pasangan muda-mudi demi menyelamatkan kaum pria dari peperangan. Itu sebabnya, mengapa perayaan hari valentine erat kaitannya dengan hari kasih sayang.

Baca juga: Quiz Kepribadian Cinta untuk Mengetes Berbagai Jenis Rasa Sayang

Pada sejarah versi lainnya, menyebutkan bahwa pendeta valentine dibunuh oleh kerajaan Romawi karena telah membantu orang Kristen untuk melarikan diri dari penjara.

Sebelum kematiannya, pendeta Valentine sempat menulis sebuah surat bertulisan From your Valentine kepada seorang gadis muda dari kalangan orang Kristen tadi. Nah, karena hal inilah yang membuat perayaan hari valentine selalu disertai dengan kegiatan saling menulis surat bagi setiap pasangan.

Advertisements

Namun, pada sejarah versi lainnya menyebutkan bahwa pendeta valentine melakukan bunuh diri setelah menghamili seorang gadis.

3. Makna Hari Valentine di Negara Bulgaria

Sumber: Real Simple

Di negara Bulgaria, hari valentine mempunyai dua makna yang berbeda. Selain diperingati sebagai hari kasih sayang, masyarakat Bulgaria juga sering memanfaatkan momen valentine’s day untuk meminum wine (anggur).

Hal itu bukan tanpa alasan, karena hari valentine di Bulgaria bertepatan dengan hari santo pelindung pembuat anggur, yakni St. Trifon Zarezan. Oleh karenanya, setiap kebun anggur di Bulgaria akan memilih “raja wine” yang dianggap mempunyai wine terbaik.

Nantinya mereka akan menggelar pesta secara mewah dan meriah, serta dipenuhi dengan berbagai jenis hidangan yang sangat lezat.

4. Makna Hari Valentine di Negara Afrika Selatan

Sumber: Bareksa

Lain halnya dengan perayaan hari valentine di negara Afrika Selatan, dimana pasangan muda-mudi disana akan memakai pakaian yang terdapat simbol hati pada bagian lengan bajunya.

Pada umumnya, simbol hati tersebut dibuat dari kertas kemudian akan diberi tulisan nama seseorang yang menjadi pujaan hatinya. Usut punya usut, ternyata tradisi ini merujuk pada festival masyarakat Romawi Kuno Lupercalia. Bahkan yang lebih menariknya lagi, tradisi tersebut diklaim sebagai akar dari perayaan hari valentine yang masih berlaku sampai sekarang.

Baca juga: Ramalan Zodiak Februari 2023: Taurus, Aquarius, Dan Aries

Sumber: https://hariancewek.com/

Advertisements