Advertisements

Pengertian dan Manfaat Deep Talk, Meningkatkan Rasa Bahagia Loh! Simak di Sini

Pengertian dan manfaat deep talk terkadang masih membingungkan beberapa orang. Dalam kehidupan manusia tidak terlepas dari berbagai masalah, dari masalah keluarga, masalah pekerjaan, hingga hubungan dengan teman dekat, konflik mereka sendiri dapat muncul. Sebagai makhluk sosial, tentu saja, sulit untuk terus memendam keluh kesah. 

Berbicara dengan orang lain diperlukan agar Anda tidak terlalu terjebak dalam perasaan sedih atau takut. 

Apa Itu Deep Talk? 

Ini Alasan Mengapa Deep Talk Penting untuk Dilakukan - Alodokter
Sumber: Alodokter

Pengertian dari Deep talk adalah percakapan yang melibatkan topik yang lebih dalam. Juga dikenal sebagai percakapan yang lebih dalam, kegiatan ini sering dilakukan oleh dua orang saja. 

Topik percakapan ini bukan hanya tentang hobi atau cuaca hari itu, meski terkadang topik ringan ini juga bisa mengarah ke percakapan yang lebih intim. Deep talk membahas segala sesuatu yang terjadi dalam hidup Anda, baik saat senang maupun sedih, dan bagaimana Anda memandangnya. 

Topik pembicaraan juga dapat mencakup rilis teknologi terbaru, masalah politik, atau topik lainnya yang sedang trend di masyarakat.

Manfaat Deep Talk

Deep Talk – Fragen an Freunde - hiddenhippie.de
Sumber: HiddenHippie.de

Banyak orang merasa lebih dekat dengan orang lain setelah percakapan yang lebih dalam. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan ini. 

Baca juga: Lagu Lokal Tentang Friendzone, Bikin Baper!

 

  • Akan membuat Anda merasa lega

 

Lebih baik jangan terlalu lama menyimpan perasaan dan masalah negatif. Banyak penelitian menunjukkan bahwa berbagi emosi negatif dengan orang-orang terdekat Anda dapat membantu menghilangkan stres dan tekanan baik secara fisik maupun emosional.

Respons emosional seperti marah, sedih, dan takut diatur oleh bagian otak yang disebut amigdala. Ketika Anda mengungkapkan perasaan negatif, Anda secara tidak sadar mengurangi respons amigdala Anda. 

 

  • Meningkatkan Rasa Bahagia

 

Dalam jurnal Psychological Science mengungkapkan bahwa sering melakukan deep talk akan merasa lebih bahagia. Pada kenyataannya, tidak diketahui secara pasti apa yang menghubungkan kedua hal tersebut. 

Advertisements

Namun, ini kemungkinan besar terkait dengan kebutuhan manusia untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Nah, percakapan yang lebih dalam dapat membantu memperkuat hubungan antara dua orang. 

 

  • Mempertahankan hubungan dengan pasangan 

 

Deep talk tidak hanya membantu Anda selama proses berpacaran. Ternyata, jenis komunikasi ini juga diperlukan untuk menjaga hubungan dengan pasangan.

Bahkan jika Anda sudah mengenal pasangan Anda selama bertahun-tahun, Anda tidak selalu bisa membaca pikiran pasangan Anda, bukan? Komunikasi yang sehat dengan pasangan dapat mencegah kesalahpahaman, bahkan untuk hal-hal kecil. 

Melalui percakapan yang intens, Anda dapat mengetahui bagaimana perasaan pasangan Anda sebenarnya atau jika ada masalah yang sedang mereka perjuangkan. Dengan cara ini Anda dapat lebih memahami alasan tindakan Anda. 

 

  • Menambah perspektif kehidupan

 

Setiap orang memiliki pandangannya masing-masing tentang sesuatu. Mendengar cerita atau pendapat orang lain dapat memberi Anda perspektif berbeda yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. 

Percakapan mendalam mengajarkan Anda untuk melihat masalah dari perspektif yang berbeda. Memperoleh ilmu yang nantinya berguna untuk pengembangan diri. 

Bagaimana melakukan deep talk?

Deep Conversation Pictures | Download Free Images on Unsplash
Sumber: Unsplash

Beberapa orang mungkin merasa sulit untuk melakukan percakapan yang lebih dalam, terutama ketika Anda harus menjadi bagian yang membangun percakapan. Tetapi jangan khawatir karena percakapan akan mengalir secara alami, terutama jika diakhiri dengan orang yang tepat, seseorang yang Anda percayai, yang dapat mendengarkan kekhawatiran atau pandangan Anda tanpa menghakimi, dan kemudian menemukan waktu, tempat, dan situasi yang tepat.

Pastikan Anda dan orang tersebut tidak sedang diikuti oleh aktivitas lain dan suasana hati Anda sedang baik. Ini penting agar percakapan berjalan lancar. Tak perlu langsung masuk ke topik serius, cobalah memulai percakapan kecil dengan menanyakan kabarnya atau alat transportasi apa yang dia gunakan untuk menemui Anda.

Baca juga: Ketahui! Ini 7 Manfaat Ciuman Bibir utuk Kesehatan Tubuh

Advertisements