Advertisements

Ketahuilah Hukum dari Amalan Bacaan Tiga Doa di Sujud Terakhir, Simak di Sini!

Bagi umat muslim, doa merupakan suatu amalan yang harus dilakukan setiap hari, sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan Allah SWT dengan lancar, seperti menerapkan amalan bacaan tiga doa di sujud terakhir. Diketahui doa di sujud terakhir menjadi keistimewaan tersendiri, sehingga sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Namun, sebelum Anda mengamalkan doa di sujud terakhir, ada baiknya Anda mengetahui apa hukum, dasar, hingga bacaan dan artinya yang benar agar lebih afdol. Oleh karena itu, ulasan ini akan membahas hukum hingga bacaan tiga doa di sujud terakhir yang perlu Anda simak hingga selesai.

Hukum membaca doa saat sujud 

Perempuan yang Meninggal Ketika Sujud | BersamaDakwah
Sumber: BersamaDakwah

Setiap doa yang kita bacakan, perlu memiliki dasar hukum yang jelas. Seperti tiga doa sujud terakhir yang terdapat dalam HR Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’I dengan bunyi:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

Artinya, “Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, ‘Momentum terdekat seorang hamba dan Tuhannya adalah ketika sujud. Oleh karena itu, perbanyaklah doa saat itu,’” (HR Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i).

Bila Anda masih bertanya-tanya apakah boleh membaca doa di sujud terakhir? Jawabannya tidak masalah. Terdapat keterangan yang disampaikan oleh para ulama yang berisikan: “Dari riwayat Baro’ bin ‘Azib, ia berkata, ‘Aku pernah salat bersama Nabi SAW. Aku mendapati bahwa berdiri, ruku’, sujud, duduk beliau sebelum salam dan berpaling, semuanya hampir sama (lamanya)’.”

Baca juga: Syarat Nikah Siri Tanpa Sepengetahuan Keluarga

Sujud kapan untuk membaca tiga doa tersebut?

Bolehkah Perempuan Haid Sujud Tilawah?
Sumber: Umma.id

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebenarnya tidak ada dalil khususnya. Dengan tidak ada dalilnya, maka membaca doa tersebut berlaku umum yang bisa Anda ucapkan di sujud mana saja. 

Merujuk pada gerakan sholat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, terlihat bahwa beliau melakukan gerakan sholat seperti rukuk, sujud, dan I’tidalnya sama panjangnya. Terdapat penjelasan mengenai hal ini yang berasal dari Al Bara bin ‘Azib Radhiallahu ‘Anhu yang berisi:

كَانَ رُكُوعُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسُجُودُهُ وَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ الرُّكُوعِ وَبَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ قَرِيبًا مِنْ السَّوَاءِ

Artinya: Adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, pada ruku, sujud, dan jika bangun dari ruku’nya (i’tidal), serta duduk di antara dua sujud, lama (tuma’ninah)-nya kurang lebih sama. 6)

Bacaan Tiga Doa di Sujud Terakhir

Sahkah Salatnya Perempuan yang ketika Sujud Tangannya Terhalang Mukena?
Sumber: Akurat.co

Berikut ini terdapat doa yang bisa Anda ucapkan di sujud terakhir, antara lain:

Advertisements
  • Memohon agar diwafatkan dalam keadaan husnul khatimah

Setiap orang muslim pasti ingin meninggal dalam keadaan terbaik atau husnul khatimah. Anda bisa membaca doa ini:

Allahumma inni as’aluka husnul khatimah.

Artinya: “Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khatimah.”

  • Memohon agar diberikan kesempatan taubat sebelum wafat

Setiap manusia pasti tak luput dari kesalahan yang menyebabkan dosa menumpuk. Oleh karena itu, Anda bisa membaca doa ini untuk diberi kesempat bertaubat sebelum wafat:

Allahummarzuqni taubatan nasuha qablal maut.

Artinya: “Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat.”

  • Ketetapan hati dan konsistensi

Meminta doa agar selalu berada dalam agama-Nya hingga ajal menjemput. Bacalah doa dibawah ini:

Allahumma yaa muqallibal quluub tsabbit qalbi ‘ala diinika.

Artinya: “Ya Allah wahai sang pembolak-balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu.”

Itulah ulasan mengenai hukum membaca doa saat sujud hingga bacaan tiga doa di sujud terakhir yang bisa Anda terapkan mulai sekarang. Apakah Anda sudah paham mengenai tiga doa di sujud terakhir?

Baca juga: Mengenal Filosofi Hujan Dalam Islam, Berkah dan Rahmat

Sumber: https://hariancewek.com/

Advertisements