Relationship

Ketahui! Ini 7 Manfaat Ciuman Bibir utuk Kesehatan Tubuh

Advertisements
Free Photo | Couple kissing with paper heart shape
Sumber: Freepik

Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa sayang Anda kepada pasangan dan salah satunya adalah dengan berciuman di bibir. Selain meningkatkan keintiman dalam hubungan romantis, ciuman di bibir juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Di bawah ini adalah berbagai manfaat ciuman bibir untuk kesehatan:

  • Kurangi Stres 

Berciuman dapat mengurangi kecemasan dan stres yang disebabkan oleh hormon stres kortisol. Saat Anda berciuman atau melakukan hal lain yang Anda sukai, tubuh Anda memproduksi berbagai hormon seperti oksitosin, dopamin, dan endorfin yang dapat membuat Anda merasa bahagia dan tenang. 

  • Menumbuhkan Perasaan Bahagia

Berciuman bibir dengan pasangan dapat meningkatkan pelepasan bahan kimia otak, seperti hormon oksitosin, dopamin dan serotonin, yang membuat Anda bahagia. Selain itu, ketiga hormon ini juga mampu meningkatkan rasa sayang dan mempererat hubungan antara Anda dan pasangan. 

  • Mengencangkan Kulit 

Mencium bibir dapat membuat otot-otot wajah lebih kencang dan terlihat lebih muda. Selain itu, senam otot wajah melalui ciuman dapat merangsang pembentukan kolagen, protein yang dapat membuat kulit wajah tampak lebih kencang, elastis dan lebih bercahaya serta mencegah penuaan dini.

Namun, selain mencium bibir, perlu juga menggunakan cara lain untuk mendapatkan kolagen, seperti asupan vitamin C dan protein yang cukup, hindari paparan sinar matahari yang berlebihan, hindari merokok dan gunakan perawatan kulit secara teratur.

  • Membakar kalori

Pergerakan otot-otot wajah dapat membakar 2 hingga 25 kalori per menit, tergantung seberapa bergairah Anda dan pasangan. Jumlah kalori yang terbakar mungkin juga lebih tinggi jika Anda mencium bibir saat berhubungan seks. 

Namun demikian, Anda harus berolahraga secara teratur dan, untuk amannya, jangan lupakan perilaku seksual yang sehat, yaitu menggunakan kondom saat berhubungan seks dan tidak berganti pasangan.

  • Healthy Heart 

Kissing meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan detak jantung menjadi lebih teratur. Hal ini dapat membuat tekanan darah Anda lebih terkontrol dan lebih sehat untuk jantung Anda. meredakan sakit kepala. 

Pelebaran pembuluh darah dan penurunan tekanan darah dari ciuman bibir juga bisa meredakan sakit kepala. Selain itu, mencium bibir juga bisa menghilangkan stres yang menjadi salah satu penyebab sakit kepala. 

Advertisements
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencium bibir juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena tubuh dapat melepaskan hormon yang dapat mengatasi stres akibat berciuman, salah satu penyebab melemahnya sistem kekebalan tubuh.

  • Menjaga Kebersihan Mulut 

Mencium bibir juga baik untuk menjaga kebersihan mulut. Dengan berciuman, Anda dan pasangan memproduksi lebih banyak air liur, yang dapat membersihkan mulut dari bakteri dan mengurangi penumpukan plak yang menyebabkan kerusakan gigi. 

Meskipun manfaat dari ciuman bibir adalah dapat menjaga kebersihan mulut, namun Anda tetap perlu menyikat gigi secara rutin, yaitu 2 kali sehari untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jangan lupa untuk flossing setelah menyikat gigi.

Waspada, Ciuman Bibir Juga Menyebarkan Virus dan Bakteri

Meskipun dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, pertukaran air liur dari ciuman bibir juga dapat menularkan virus atau bakteri penyebab penyakit. Selain itu, air liur dari ciuman bibir juga berpotensi menularkan virus atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit seperti: flu, herpes, hepatitis B dan hepatitis C, Flu Singapura, Mononucleosis or glandular fever.

Untuk sariawan, mencium bibir juga berisiko menularkan HIV, hal ini bisa terjadi jika seseorang dengan HIV mencium yang memiliki luka di bibir atau mulutnya.

Baca juga: Para Istri Harus Tahu! Inilah Cara Merangsang Pria yang Efektif

Sumber: https://hariancewek.com/

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *