Advertisements

Contoh Rundown Acara Lamaran yang Sederhana, Simak di Sini!

Selain pernikahan, momen penting lain yang sering dinantikan oleh kedua calon mempelai dan keluarga adalah acara lamaran. Dimana acara ini biasanya dilakukan tiga hingga enam bulan sebelum acara pernikahan berlangsung. Secara umum akan dilakukan beberapa tahap susunan acara lamaran yang akan dilakukan.

Mengingat banyaknya tradisi pernikahan yang berbeda-beda tiap daerah, seringkali membuat orang kebingungan dalam menyusun acara lamaran. Padahal, secara umum contoh rundown acara lamaran bisa diterapkan untuk adat tradisi manapun.

9 Susunan Acara Lamaran Pernikahan yang Sederhana

12 Susunan Acara Lamaran Pernikahan - Bridestory Business Blog
Sumber: Bridestory

Berikut ini contoh rundown acara lamaran sederhana yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia:

  1. Kedatangan Keluarga Besar Calon Mempelai Pria

Persiapan Lamaran Nikah yang Wajib Kamu Ketahui. Syarat, Hingga Kata-kata  untuk Meminang si Dia - Wedding Market
Sumber: Wedding Market

Prosesi lamaran dimulai dengan kedatangan keluarga besar calon mempelai pria ke lokasi acara lamaran. Kemudian, pihak keluarga calon mempelai perempuan akan menyambut dan mempersilahkan tamu untuk masuk ke ruangan acara lamaran.

  1. Penyerahan Seserahan

Kenali Perbedaan Hantaran Lamaran dan Seserahan Pernikahan - Bridestory Blog
Sumber: Bridestory

Umumnya rombongan keluarga besar calon mempelai pria akan menyiapkan dan menyerahkan seserahan untuk diberikan kepada keluarga calon mempelai perempuan. Dimana seserahan ini isinya beraneka ragam, mulai dari jajanan tradisional hingga aneka kue kering.

  1. Pembukaan Acara oleh MC

Pengertian Khitbah dan Tata Caranya Sesuai Ajaran Islam
Sumber: Popbela.com

Umumnya, acara lamaran akan dipandu oleh MC, yang akan mempersilahkan semua tamu yang hadir untuk duduk. Kemudian MC akan menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada rombongan keluarga calon mempelai pria.

Berikutnya MC akan membacakan susunan acara lamaran secara singkat, yang diselipkan cerita dan nasihat untuk kedua calon mempelai. Selain itu, MC juga akan menanyakan maksud dan tujuan kedatangan keluarga besar calon mempelai pria.

  1. Perwakilan Keluarga Calon Mempelai Pria akan Menyampaikan Maksud dan Tujuan

Elemen dasar yang dibutuhkan dekorasi lamaran tema rustic | Lamaran  pernikahan, Pernikahan kecil, Pernikahan
Sumber: Pinterest

Salah satu perwakilan cari keluarga calon mempelai pria akan mengutarakan maksud dan tujuan kedatangannya. Yaitu untuk melamar calon mempelai perempuan. Kemudian, akan dilanjutkan dengan pertanyakan kesediaan sang mempelai perempuan untuk dinikahi calon mempelai pria.

Baca juga: Syarat Nikah Siri Tanpa Sepengetahuan Keluarga

Advertisements
  1. Perwakilan Keluarga mempelai Perempuan Menanggapi Maksud dan Tujuan

Ini Syarat-syarat Lamaran dan Nikah yang Wajib Diketahui Calon Pengantin |  Fifth Bloom
Sumber: FifthBloom

Acara dilanjutkan dengan jawaban dari perwakilan keluarga calon mempelai perempuan. Dimana perwakilan tersebut akan memanggil calon mempelai perempuan dan ayahnya untuk menanyakan kesediaan untuk dilamar. Jika lamaran tersebut diterima, maka kedua calon akan memberikan tali kasih dalam bentuk seserahan dan cincin.

  1. Acara Tukar Cincin

Syarat Lamaran Nikah: Apa Saja yang Wajib Dipersiapkan? | Adelle Jewellery
Sumber: Adelle Jewelry

Prosesi tukar cincin ini biasanya dilakukan oleh ibu calon mempelai pria yang memasangkan cincin ke calon mempelai perempuan. Begitu juga sebaliknya. Akan tetapi acara tukar cincin ini hanyalah simbolis saja dan bisa digantikan dengan perhiasan lain maupun ditiadakan.

  1. Perkenalan Masing-masing Keluarga

Simulasi Realistis Biaya Lamaran yang Wajib Dihitung dari Sekarang.  Siap-siap, Biar Nggak 'Kebobolan'!
Sumber: Hipwee

Acara lamaran akan dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing keluarga, guna mempererat hubungan antara kedua keluarga tersebut. Pihak calon mempelai pria akan memperkenalkan siapa saja yang hadir, begitu juga dengan perkenalan yang dilakukan oleh pihak keluarga perempuan. Sesi ini biasanya bersifat informal dan diselingi canda tawa untuk mencairkan suasana.

  1. Pembacaan Doa

10 Susunan Acara Lamaran Pernikahan
Sumber: Seruni.id

Acara lamaran akan ditutup dengan pembacaan doa, supaya semua prosesi hingga pernikahan bisa berjalan dengan lancar. Umumnya, doa akan dipimpin oleh pemuka agama atau salah satu perwakilan dari pihak keluarga.

  1. Pemberian Seserahan Balik dari Pihak Calon Mempelai Perempuan

12 Tahap dalam Susunan Acara Lamaran Pernikahan - einvite.id
Sumber: einvite.id

Berikutnya keluarga calon mempelai perempuan akan memberikan seserahan balik kepada seluruh tamu dan keluarga besar dari calon mempelai pria yang berisi makanan atau kebutuhan sehari-hari.

Itu dia contoh rundown acara lamaran sederhana yang bisa diterapkan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa ditambahkan dengan acara ramah tamah dan makan bersama setelah pembacaan doa. Serta acara foto bersama sebelum keluarga besar calon mempelai pria pulang.

Baca juga: Arti Mimpi Melahirkan Saat Sedang Hamil, Cuma Mitos?

Sumber: https://hariancewek.com/

Advertisements