Advertisements

Arti Komitmen Dalam Hubungan Biar Bisa Setia 

Sumber: Kumparan

Apa kamu pernah melakukan perselingkuhan saat melakulan hubungan? Mungkin sudah saatnya kamu melakukan komitmen dalam hubungan agar lebih setia. Dengan memahami komitmen dalam hubungan akan membuat kamu lebih tanggung jawab sesuai dengan apa yang sudah kamu janjikan kepada pasangan. 

Komitmen dalam hubungan harus di pahami dan di resapi, sehingga nanti jika hubungan berlanjut sampai ke jenjang pernikahan ikatan hubungan akan awet sampai kakek nenek.

Kamu tidak akan pernah setia jika komitmen dalam hubungan ini tidak pernah dimiliki di awal hubungan, dan rentan akan terjadinya perselingkuhan. 

Bagi kamu yang terikat dalam ikatan pacaran atau menikah, pahami lebih lanjut arti komitmen dalam hubungan. 

Dengan memahami arti komitmen dalam suatu hubungan akan membuat lebih sadar akan tanggung jawab kepada diri sendiri maupun pasangan. Selain dari pasangan, kamu juga bisa menjaga komitmen itu sendiri agar lebih sehat, dan orang ketiga tidak ikut campur dalam hubungan. 

Setelah kamu memahami arti komitmen dalam hubungan akhirnya kamu jadi tersadar dan lebih punya sifat tanggung jawab baik pada sendiri ataupun pada pasangan. 

Selain mengetahui arti komitmen, selanjutnya menjaga atau mempertahankan hubungan agar tetap sehat dan perjalanan cinta kalian langgeng. Yuk, resapi dan pahami komitmen dalam hubungan agar lebih setia. 

Arti komitmen Dalam Hubungan Dari Berbagai Pandangan

1. Arti Komitmen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sumber: Getplus

Arti komitmen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah perjanjian (keterikatan) untuk melakukan suatu kontrak, atau tanggung jawab. Berarti ini artinya komitmen dalam hubungan adalah tanggung jawab terhadap hubungan itu sendiri.

Sementara arti komitmen dalam hubungan pernikahan berupa perjanjian atau ketertarikan untuk melakukan sesuatu bersama pasangan yang disetujui oleh kedua belah pihak. 

Advertisements

Maka bisa dilihat dari sini, banyak yang melakukan perjanjian pra-nikah supaya kamu dan pasangan bertanggung jawab. 

2. Arti Komitmen Menurut Kait Scalisi Seorang Sex Educator

Sumber: How This Work

Menurut Kait Scalisi, seorang sex educator bersertifikat asal New York mengatakan bahwa arti komitmen dalam suatu hubungan adalah ketika kamu dan pasangan setuju memiliki masa depan bersama serta didiskusikan sebelumnya.

“Arti dalam komitmen dalam hubungan adalah dimana kamu dan pasangan dengan sengaja mengatakan ya untuk masa depan bersama, dan sudah didahului dengan percakapan tentang harapan, impian dan rencana masa depan untuk diri sendiri dan hubungan itu sendiri”

3. Arti Komitmen Menurut Kelly Campbell, ph.D

Sumber: Twitter

Kelly Campbell, ph.D merupakan professor psikologi di California State University, San Bernardino, melakukan penelitian tentang hubungan instan antara teman dan pasangan romantis, mengatakan bahwa penting melakukan komitmen dalam hubungan. Tidak hanya memahami sendiri tapi harus bersama pasangan. 

“Kamu harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa arti komitmen dalam hubungan bagi diri sendiri dan belajar arti komitmen bagi pasangan kamu. Meskipun arti komitmen dalam hubungan mungkin tampak jelas, tapi penting untuk mendapatkan kejelasan lagi.

Cara Mempertahankan Komitmen:

  • Saling Membangun Kepercayaan

Kunci utama untuk mempertahankan komitmen adalah rasa saling percaya. Saling percaya menjadi landasan utama untuk membangun komitmen bersama pasangan. 

  • Buat Momen Bersama Pasangan

Ketika membuat momen bersama pasangan, baik itu momen di luar rumah atau kegiatan dalam rumah, bisa menjadi kenangan indah, dan ketika masa sulit datang momen inilah yang akan menjadi pengingat untuk saling tetap bertahan satu sama lain. 

Baca juga: 5 Kecocokan Aries dan Scorpio Dalam Percintaan

Advertisements