Advertisements
Sumber: Shopee

Seserahan pernikahan yang diberikan seorang pria merupakan simbol kesanggupannya untuk mencukupi kebutuhan wanita yang akan dinikahinya. Isi seserahan pernikahan sendiri cukup beragam dan biasanya merupakan barang – barang kebutuhan sehari – hari yang nantinya bisa dipakai bersama oleh kedua calon pengantin setelah menikah.
Barang – barang seserahan pun bisa disesuaikan dengan kemampuan calon pengantin pria dan adat istiadat dari kedua calon. Nah, jika saat ini kamu sedang kebingungan mencari isi seserahan pernikahan. Tenang, berikut ini ada informasi mengenai 8 isi seserahan pernikahan yang umum dibawa calon mempelai pria :

1. Perlengkapan Ibadah

Sumber: Wolipop – Detikcom

Bagi pasangan Muslim biasanya perlengkapan ibadah seperti Al-Qur’an, mukena, tasbih, atau alat salat menjadi salah satu barang yang wajib dimasukkan dalam isi seserahan pernikahan. Tujuannya adalah agar kedua mempelai selalu ingat Allah SWT dan mengerjakan salat.

2. Perhiasan

Sumber: Bridestory

Jenis perhiasaan untuk isi seserahan biasanya berupa emas atau berlian tergantung kemampuan pihak pria. Umumnya yang biasa ada dalam set perhiasaan di seserahan pernikahan berupa kalung, cincin, dan sepasang anting. Tujuan memberikan set perhiasaan adalah agar calon istri selalu bersinar dan berkilau sepanjang hidupnya.

3. Setelan Pakaian

Sumber: Serustic

Setelan pakaian yang dimasukkan dalam isi seserahan bisa beragam mulai dari pakaian formal hingga baju tidur. Bagi pasangan adat Jawa biasanya mereka akan menggunakan kebaya dan kain jarik untuk isi seserahan.

4. Pakaian Dalam

Sumber: Youtube

Pakaian dalam juga tidak kalah penting untuk dimasukkan dalam isi seserahan . Untuk pakaian dalam wanita berupa bra dan celana dalam, sementara untuk pria berupa celana dan kaos dalam.
Pakaian – pakaian dalam tersebut nantinya akan dikenakan oleh kedua calon pengantin setelah menikah.

5. Makeup dan Skincare

Sumber: WeddingMarket

Makeup dan skincare merupakan salah satu isi seserahan yang disukai para wanita. Produk makeup dan skincare yang dijadikan isi seserahan disesuaikan dengan yang biasa dipakai oleh calon pengantin wanita. Tujuan memberikan seserahan ini adalah agar wanita bisa terus menjaga penampilan dan terlihat cantik di depan suami.

Advertisements

6. Alas Kaki Dan Tas

Sumber: Cepet Nikah

Alas kaki untuk isi seserahan bisa berupa sepatu, heels, atau sandal tergantung keinginan dari pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Sepatu sendiri merupakan kebutuhan sandang yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Tujuan pemberian alas kaki adalah agar kedua pihak bisa menjalani kehidupan bersama dengan langkah yang mantap.
Sementara tas yang bisa dimasukkan dalam kotak seserahan juga disesuaikan dengan kemampuan dari calon pengantin. Tas bisa dimasukkan dalam kotak yang sama dengan alas kaki, namun bisa juga dipisah.

7. Perlengkapan Mandi

Sumber: Tokopedia

Perlengkapan mandi yang umum dijadikan isi seserahan antara lain sabun, shampoo, sikat gigi, dan handuk. Perlengkapan mandi juga bisa disesuaikan dengan keinginan dan budget dari pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

8. Makanan

Sumber: WeddingMarket

Makanan yang bisa dijadikan isi seserahan cukup beragam mulai dari kue atau roti, buah – buahan, hingga makanan kaleng. Namun dalam kepercayaan di beberapa budaya, makanan yang disarankan untuk dimasukkan dalam isi seserahan adalah makanan lengket yang bermakna agar hubungan rumah tangga selalu lengket dan mesra. Makanan sendiri merupakan kebutuhan pokok setiap orang.


Itulah 8 isi seserahan pernikahan yang umum dibawa calon mempelai pria untuk calon wanitanya. Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja isi seserahan yang harus dibawa?

Baca juga:

Sumber: https://www.hariancewek.com/

Advertisements