Advertisements

5 Arti Bunga Matahari, Mulai Dari Simbol Kesetiaan Dan Kepatuhan Hingga Persahabatan 

Arti Bunga Matahari atau yang dikenal dengan nama latin Helianthus Annuus L, merupakan salah satu bunga yang termasuk dalam keluarga Asteraceae (kenikir). Bunga matahari memiliki ciri khas, berwarna kuning terang dan memiliki kepala bunga yang besar. Bunga matahari juga merupakan bunga majemuk yang tersusun dari bunga – bunga kecil yang jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan. 

Yang membuatnya lebih menarik dan unik, bunga matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu heliotropisme atau selalu menghadap ke arah matahari. Bunga matahari tidak hanya menjadi bunga hias saja, namun juga memiliki beragam manfaat seperti penghasil minyak dan penghasil kuaci. Hal itulah yang membuat bunga matahari disukai banyak orang. 

Selain bentuknya cantik dan menyimpan beragam manfaat, bunga matahari pun memiliki arti tersendiri. Berikut 5 arti dari bunga matahari yang membuatnya semakin disukai banyak orang :

1. Kesetiaan Dan Kepatuhan 

Arti Bunga Matahari, Kesetiaan hingga Panjang Umur Halaman all - Kompas.com
Sumber: Kompas.com

Tanaman ini dinamai bunga matahari karena memang selalu mengikuti kemana arah cahaya matahari bergulir. Tanaman bunga ini akan terus menghadap ke arah matahari bergerak mulai dari terbit hingga terbenam. Perilaku khas dari bunga matahari itulah yang membuatnya memiliki arti kesetiaan dan kepatuhan. 

2. Kegembiraan Dan Keceriaan

Mengenal Bunga Matahari, dari Asal Usul, Sejarah, Jenis, dan Manfaat  Halaman all - Kompas.com
Sumber: Kompas.com

Bunga ini memiliki diameter besar yang seolah – olah menggambarkan matahari yang bersinar cerah. Bunga ini juga memiliki kelopak berwarna kuning yang menjadi simbol kehidupan yang dipenuhi kebahagiaan dan keceriaan. Sehingga tidak heran jika bunga matahari ini selalu bisa memikat hati semua orang untuk betah berlama – lama melihatnya. Penyuka bunga matahari kerap dianggap sebagai orang yang selalu gembira dan ceria dalam menjalani kehidupannya. 

3. Semangat Dan Optimis

5 Filosofi Menarik Dari Bunga Matahari yang Jarang Diketahui - Liputan  Kendal Terkini
Sumber: Liputan Kendal Terkini

Selanjutnya, bunga matahari juga kerap dijadikan sebagai lambang semangat dan optimisme. Warna kuning cerah menyala yang dimiliki bunga matahari seolah – olah sudah berhasil membangkitkan kehidupan seseorang agar lebih ceria, kreatif, dan bersemangat dalam menjalani kehidupan. 

Diameter besar yang dimiliki bunga matahari juga dipercaya bisa memberikan energi positif pada siapapun yang melihatnya. Makna dari bunga matahari ini diibaratkan layaknya matahari yang selalu menerangi sekaligus menghangatkan kehidupan. 

Advertisements

Baca juga: Perbedaan Khusnul dan Husnul Khatimah yang Perlu Kita Ketahui

4. Persatuan

Manfaat Bunga Matahari yang Belum Banyak Orang Tahu
Sumber: Detik Health

Saat melihatnya, kamu tentunya sudah bisa langsung melihat kalau bunga matahari ini memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dengan yang lainnya. Bunga matahari adalah bunga majemuk yang terdiri dari ratusan bunga – bunga kecil atau bahkan ribuan. Karena hal itulah, bunga matahari diartikan sebagai lambang kebersamaan dan persatuan. 

5. Persahatan

8 Fakta tentang Bunga Matahari | Outerbloom
Sumber: Outerbloom

Meski warnanya cerah, namun bukan matahari ini tidak termasuk bunga yang menggambarkan kesan romantis. Simbol kesetiaan yang melekat pada bunga matahari lebih diartikan sebagai kesetiaan pada persahabatan maupun persaudaraan. Arti dari bunga matahari ini bisa dibilang lebih merujuk pada keceriaan dan kesetiaan kepada saudara maupun sahabat, bukan kepada kekasih. 

Warna kuning yang cerah dan penuh kebahagiaan dari bunga matahari ini diharapkan bisa membuat hubungan persahabatan yang sedang dijalani selalu bahagia serta selalu terjalin dengan baik dan awet. 

Itulah 5 arti dari bunga matahari yang menarik untuk disimak. Memiliki arti yang sangat mendalam sehingga tidak heran jika banyak orang yang kagum dengan bunga matahari ini. 

Nah, apakah sekarang kamu tertarik memberikan bunga matahari ini kepada orang terdekat? Jika sahabat kamu ada yang berulang tahun, tidak ada salahnya kamu berikan kado berupa bunga matahari. 

Baca juga: Filosopi Sepatu Dalam Kehidupan yang Begitu Bermakna

 

Advertisements