Relationship

10 Ayat Al-Quran tentang Jodoh dan Pernikahan

Advertisements

Jangan lupa Amalkan! Inilah 10 Ayat Al-Quran tentang Jodoh dan Pernikahan

sumber: popmama.com

Terdapat beberapa ayat Al-Quran tentang jodoh dan pernikahan yang bisa menjadi petunjuk dari Allah SWT. Meskipun jodoh, rezeki, dan kematian seseorang sudah ada dalam kitab Lauh Mahfudz, bukan berarti kita dapat “memilih” jodoh yang diinginkan.

Hal tersebut, dikarenakan Allah juga memberikan jalan bagi seseorang untuk memilih yang terbaik tentang siapa pasangan (bersuami istri) kita nanti. Karena menikah menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam dan menjadi sunah Rasulullah SAW.

Selain ayat-ayat Al-Quran tentang jodoh, ada juga ayat-ayat Al-Quran yang menganjurkan menikah, baik yang dicantumkan dalam hadis maupun firman Allah SWT. Untuk lebih jelas, dibawah ini ada beberapa ayat Al-Quran tentang jodoh dan pernikahan yang bisa kalian amalkan disetiap harinya.

Ayat Al-Quran tentang Jodoh.

Sumber: VIVA
  1. (Qs. Ar-Rum: 21).

“Di antara tanda-tanda kebesaran Allah, Dia telah menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kalian cenderung serta merasa tentram kepada-Nya. Allah menjadikan diantara kalian rasa kasih sayang. Sungguh dalam hal ini, terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir.

  1. (Qs. An-Nur: 26).

“wanita-wanita yang keji untuk laku-laku yang keji. Dan laki-laki yang keji untuk wanita-wanita yang keji pula. Wanita-wanita yang baik untuk laki-laki yang baik. dan laki-laki yang baiak untuk wanita-wanita yang baik pula.”

  1. (Qs. Al-Furqan: 74).

Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

  1. (Qs. Az-Zariyat: 49).

“Dan dari segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan agar kalian mengingat kebesaran Allah.”

Advertisements
  1. (Qs. An-Nahl: 72).

“dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. mengapa mereka beriman kepada yang batil dan meningkari nikmat Allah?”

Ayat Al-Quran tentang Pernikahan.

Sumber Universitas Airlangga
  1. (Qs. An-Nisa: 22).

“Dan janganlah kamu menikahi perempuan-perempuan yang telah dinikahi oleh ayahmu, kecuali (kejadian pada masa) yang telah lampau. Sesungguhnya perbuatan itu sangat keji dan dibenci (oleh Allah) dan seburuk-buruk jalan (yang ditempuh).”

  1. (Qs. An-Nur: 32).

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendiri di antara kalian, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahaya kalian yang lelaki dan hamba-hamba sahaya kalian yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

  1. (Qs. An-Nisa: 1).

“Wahai Manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari diri-Nya, dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Berakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (periharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selali menjaga dan mengawasimu.”

  1. (Qs. Al-Isra: 32).

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”

  1. (Qs. Al-Fathir: 11).

“Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasang-pasangan (laki-laki dan perempuan). Tidak ada seseorang perempuan pun yang mengandung dan melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Dan tidak dipanjangkan umur seseorang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah.”

Baca juga: 3 Doa saat Menjalani Puasa

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *