Tips-Selam-Kehamilan-di-Trimester-Pertama
Parenting

Tips Selama Kehamilan di Trimester Pertama

obatcinta.com – Menjadi ibu hamil tentu saja merupakan impian bagi kebanyakan seorang ibu. Apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah tentunya menjalani kehamilan adalah hal yang sangat diidam-idamkan. Namun demikian mengalami masa kehamilan yang pertama kali bagi beberapa ibu tentu tidak mudah. Apalagi karena belum paham dan mengetahui apa saja perubahan yang terjadi dalam diri sang ibu. Supaya tidak bingung dan dapat mengatasi beberapa hal maupun kesulitan yang terjadi saat hamil, berikut ini beberapa tips selama kehamilan di trimester pertama yang perlu diketahui.

Atur Asupan Makanan

Pertama-tama sangat penting memastikan asupan makanan serta gizi yang terkandung di dalamnya. Dalam trimester pertama ini ada banyak pertumbuhan bayi yang harus diperhatikan supaya janin bertumbuh secara maksimal. Maka dari itu perbanyak makanan yang mengandung protein serta vitamin dan mineral. Seperti misalnya ikan laut, telur, tahu, tempe, dan berbagai macam makanan dasar dengan protein tinggi lainnya. 

Konsumsi Asam Folat

Selain mengkonsumsi protein juga penting memperhatikan jumlah kandungan asam folat yang diserap pada tubuh ibu hamil. Terutama karena asam folat membantu janin supaya tumbuh kuat dan tidak mengalami resiko keguguran. Kebanyakan di trimester pertama ini banyak yang rentan terhadap resiko keguguran janin akibat asupan vitamin serta mineral yang kurang memadai. Salah satunya karena kandungan asam folat yang terlalu minim dalam darah. Sehingga ada baiknya mengkonsumsi susu ibu hamil yang kaya asam folat atau dapat juga secara langsung mengkonsumsi butiran vitamin yang kaya DHA serta asam folat.

Olahraga Ringan

Hamil bukan berarti tidak boleh melakukan olahraga sama sekali. Hanya saja cobalah memilih jenis olahraga ringan yang lebih mengutamakan pernapasan. Hindari olahraga yang energik dan bisa membahayakan kondisi kandungan. Maka dari itu pilah mana jenis olahraga yang baik dan mana yang sebaiknya dihindari. Jika ingin kandungan sehat dan tubuh tetap prima, pilih olahraga seperti senam maupun yoga yang dapat membantu sirkulasi darah dalam tubuh lebih lancar. Sehingga pasokan nutrisi kepada janin juga lebih maksimal.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Produksi ASI Secara Alami

Makan Sedikit Namun Sering

Biasanya trimester pertama banyak yang merasa kurang nyaman seperti mual dan muntah. Maka dari itu atur porsi makan supaya nantinya asupan makanan tetap terpenuhi dengan baik. Usahakan mengkonsumsi sesuatu setiap tiga hingga empat jam dalam porsi kecil. Sehingga perut tidak kosong dan rasa mual dapat berkurang jauh. Selain itu pastikan untuk menghindari jenis makanan yang asam dan pedas supaya tidak menambah rasa mual terutama di pagi hari.

Tidur Yang Cukup

Di masa awal kehamilan umumnya ibu hamil akan merasa sering lelah dan mengantuk. Karena janin dalam masa berkembang yang membutuhkan banyak energi dari sang ibu. Maka tidak heran jika ibu akhirnya sering kelelahan dan ingin tidur seharian. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya atur jam tidur secukupnya. Usahakan untuk memiliki banyak waktu beristirahat supaya perkembangan janin lebih maksimal.

Itulah beberapa tips selama kehamilan terutama untuk trimester pertama. Umumnya ibu hamil tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengandung, sehingga banyak yang kurang mempedulikan kesehatan dan asupan makanan. Jika di trimester pertama ibu mengetahui bahwa sedang berbadan dua, sebaiknya segera atur pola makan dan asupan seperti yang diinformasikan di atas. Supaya pertumbuhan janin lebih maksimal dan kondisi kesehatan ibu juga tidak terganggu.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *