manfaat-kalkulator-masa-subur
Kesehatan Parenting

Manfaat Mengetahui Kalkulator Masa Subur

obatcinta.com – Manfaat dari kalkulator masa subur sangat penting untuk diketahui. Setiap wanita secara alami mengalami haid setiap bulannya dengan siklus yang beragam. Siklus haid juga dapat menentukan masa subur yang penting khususnya bagi yang sedang merencanakan kehamilan. Menghitung masa subur lebih mudah menggunakan kalkulator masa subur yang banyak tersedia dalam bentuk aplikasi maupun website.

Selain untuk mengetahui masa subur ada beragam manfaat kalkulator masa subur. Mulai dari mencatat masa subur dan siklus menstruasi, karena keduanya saling berkaitan.

Manfaat Kalkulator Masa Subur

Menggunakan kalkulator masa subur memudahkan mengetahui masa subur serta siklus haid tanpa menghitung dengan manual. Berikut ini manfaat penggunaan kalkulator masa subur:

  • Mengetahui masa subur

Seperti disebutkan sebelumnya kalkulator kehamilan membantu menghitung dengan tepat masa subur wanita. Caranya dengan memasukkan catatan waktu haid, siklus haid terlama dan tercepat. Masa subur atau ovulasi terjadi saat sel telur matang dan siap dibuahi. Umumnya masa subur berlangsung 12 hingga 16 hari sebelum haid berikutnya. Atau hari ke 10 hingga 17 dari haid terakhir. 

Namun karena tidak semua wanita punya siklus haid yang teratur, bisa jadi perhitungannya tidak sama persis. Maka perlu melakukan perhitungan secara khusus, caranya pertama menentukan awal masa subur dengan melihat siklus menstruasi tersingkat, dikurangi 18. Kedua, menentukan akhir masa subur dengan mencari siklus menstruasi terpanjang, dan dikurangi 11.

Baca Juga: Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dan Pria Secara Akurat

  • Perencanaan Kehamilan

Dengan mengetahui masa subur, kamu yang sedang merencanakan kehamilan bisa lebih mudah. Melakukan hubungan seksual pada masa subur, peluang untuk memperoleh kehamilan semakin tinggi dibandingkan masa biasa. Maka meningkatkan hubungan seksual pada masa subur dianjurkan untuk pasangan yang benar-benar ingin mendapat momongan.

Sedikit lebih telaten untuk mengetahui masa subur serta sabar untuk mendapat momongan. Efektivitas hubungan seksual di masa subur menjadi jalan aman dan mudah untuk segera mendapat buah hati.

  • Menurunkan Risiko Hamil

Tidak hanya membantu kamu yang ingin hamil, mengetahui hitungan masa subur juga dapat berlaku sebaliknya. Jika kamu belum ingin mempunyai anak menghindari hubungan seksual di masa subur dapat menjadi cara KB alami. Selain aman tidak hamil hubungan seksual di luar masa subur bisa dilakukan tanpa pengaman yang lebih sehat tanpa efek samping.

Namun jika ragu kapan masa subur kamu berlalu lebih baik tetap menggunakan alat kontrasepsi ketika melakukan hubungan seksual. Dengan begitu bisa lebih tenang.

  • Memastikan Masalah Reproduksi

Mencatat masa subur dan mengetahuinya juga membantumu mengetahui masalah reproduksi yang mungkin terjadi. Misalkan gejala kemandulan atau kendala kehamilan karena faktor lain. Ada beragam faktor yang bisa menghambat pembuahan pada rahim. Dengan mengetahui kendala kehamilan sedini mungkin akan semakin mudah pula untuk menanganinya.  

Jika ada masalah terkait alat reproduksi, jangan ragu untuk melakukan konsultasi pada dokter. Jangan pernah takut dengan stigma sebab masalah reproduksi tidak hanya berkaitan dengan keturunan namun juga kesehatan kamu. 

Itulah manfaat menggunakan kalkulator masa subur untuk mengetahui kesuburan wanita. Dengan pencatatan periode masa subur dan masa haid dapat membantu pasangan untuk mengatur rencana kehamilan baik menyegerakan atau menundanya.

Penggunaan kalkulator masa subur memberikan perhitungan lebih akurat dibandingkan menghitung secara manual. Kalkulator masa subur bisa berupa aplikasi yang bisa diunduh gratis atau website yang mudah diakses. Kamu bisa melakukan pencatatan di mana saja dan kapan saja cukup dari layar smartphone saja.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *