manfaat-buah-naga-untuk-ibu-hamil
Parenting

Segudang Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Obatcinta.com – Buah naga merah ternyata memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil. Manfaat buah naga merah ini bisa didapat ibu hamil berkat kandungan nutrisi yang tinggi didalamnya.

Lalu segudang manfaat yang ditawarkan buah naga merah untuk ibu hamil itu apa saja? Berikut dibawah ini segudang manfaat buah naga untuk ibu hamil diantaranya yaitu:

1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang pertama adalah bisa dijadikan sebagai sumber vitamin C. Dengan tercukupinya kebutuhan vitamin C selama kehamilan tentunya sangat baik untuk menjaga ibu hamil dan janinnya tetap sehat.

Janin membutuhkan vitamin C untuk membantu melindungi dan menjaga kesehatan sel dan membentuk kolagen didalam tulang, otot, kulit, dan juga pembuluh darah. Vitamin C ini bisa membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Tetapi ibu hamil harus bijak didalam mengkonsumsi vitamin C selama masa kehamilannya. Karena jika vitamin C ini dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa meningkatkan resiko terjadinya kelahiran premature.

2. Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat

Dimasa kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk bisa memenuhi kebutuhan makanan yang mengandung karbohidrat sebesar 9 hingga 11 porsi setiap harinya.

Fungsi karbohidrat ini sebagai sumber energy dan bisa membantu pertumbuhan janin. Buah naga merah bisa ibu hamil jadikan sebagai sumber karbohidrat alami yang menyehatkan.

Didalam buah naga terkandung 11 gram karbohidrat atau 62 kalori per takaran saji.

3. Mencukupi Kebutuhan Folat

Buah naga tidak hanya mengandung karbohidrat saja tetapi juga mengandung folat. Folat ini adalah salah satu nutrisi yang harus tercukupi pada ibu hamil.

Folat pada ibu hamil berfungsi untuk membentuk sel darah merah dan menghindarkan bayi dari cacat tabung saraf. Dengan begitu sangat penting bagi hamil untuk memperhatikan kecukupan kebutuhan folatnya.

4. Tinggi Antioksidan

Selama masa kehamilan juga penting bagi ibu hamil mengkonsumsi antioksidan yang dapat membantu menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, membantu perkembangan otak janin, dan juga mencegah partumbuhan sel kanker.

Baca juga: Hal Yang Mesti Anda Ketahui Tentang Penyakit Jantung

5. Memenuhi Kebutuhan Zat Besi

Dengan mengkonsumsi buah naga juga maka dapat membantu ibu hamil terpenuhi kebutuhan akan Zat Besi-nya. Sangat penting bagi ibu hamil mencukupi kebutuhan zat besi karena bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah anemia.

6. Mencukupi Kebutuhan Serat

Ibu hamil juga selama masa kehamilannya dianjurkan untuk bisa memenuhi kebutuhan serat-nya. Karena serat ini dapat membantunya terhindar dari sembelit dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Ibu hamil bisa menjadikan buah naga merah ini sebagai sumber serat sehat. Didalam buah naga merah ada sedikitnya 3 gram serat untuk setiap 100 gramnya.

7. Sumber Nutrisi Lain

Selain beberapa nutrisi penting yang sudah disebutkan diatas, ibu hamil juga bisa memanfaatkan buah naga ini melalui riboflavin yang ada didalamnya.

Fungsi dari riboflavin ini adalah membantu tubuh untuk menghasilkan energi. Janin juga membutuhkan riboflavin untuk membantu pertumbuhan tulang, otot, dan juga saraf bayi.

Selain itu juga adanya kandungan tiamin didalam buah naga merah yang dibutuhkan janin. Janin membutuhkan senyawa tiamin ini untuk membantu perkembangan otaknya.

Seluruh kandungan nutrisi didalam buah naga merah tentunya dapat membantu ibu hamil untuk selalu tetap sehat dan kuat selama melalui masa kehamilannya.

Tetapi pastikan didalam mengkonsumsinya itu tidak berlebihan supaya tidak terjadinya masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Gagal Jantung? Yuk, Kita Cari Tahu

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *