kalkulator-masa-subur-pria
Parenting

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dan Pria Secara Akurat

Obatcinta.com – Pastinya setiap pasangan yang telah menikah selalu menginginkan kehadiran anak didalam rumah tangganya. Hadirnya seorang anak disebuah keluarga akan dianggap sebagai kebahagian terbesar dan anugerah yang diberikan Tuhan.

Tetapi terkadang adanya beberapa kasus pasangan yang mengeluh karena tidak juga diberi keturunan. Meski telah melakukan hubungan intim, seorang wanita belum pasti mendapati dirinya akan hamil.

Kehamilan hanya akan terjadi saat sel telur dan sperma bertemu. Selain itu juga penting bagi setiap pasangan mengetahui masa suburnya untuk bisa merencanakan program kehamilannya.

Masa subur ini sendiri merupakan kondisi dimana pasangan yang berhubungan intim saat itu memiliki peluang sangat besar untuk bisa hamil.

Selama ini masa subur banyak dikaitkan dengan wanita, padahal keduanya baik wanita ataupun pria memiliki masa subur. Wanita akan mengalami masa subur saat datangnya masa ovulasi.

Sedangkan pria akan mengalami masa subur saat spermanya berkualitas. Karena peranan masa subur ini sangat penting bagi kehamilan, maka mengetahui cara menghitung atau mengetahui masa subur wanita dan pria adalah sebuah keharusan bagi setiap pasangan suami istri.

Lali bagaimana cara menghitung masa subur wanita dan pria yang mudah dan akurat? Berikut dibawah ini cara mudah dan akurat menghitung masa subur wanita dan pria diantaranya yaitu:

1. Menghitung Masa Subur Wanita

Biasanya masa subur wanita terjadi sekitar 12 – 14 hari sebelum menstruasi. Tetapi masa subur yang dimiliki setiap wanita berbeda beda. Berikut beberapa langkah untuk mengetahui masa subur wanita seperti :
Menghitung Siklus Haid

Pastikan terlebih dahulu berapa kah siklus haid yang kamu alami. Siklus haid ini merupakan rentang hari pertama haid dengan hari haid berikutnya.

Siklus haid wanita normalnya akan berlangsung selama 21 – 35 hari. Setelah itu tentukan siklus haid terpendek dan siklus haid terpanjang.

Menggunakan Kalkulator Penghitung Masa Subur

Jika kamu lupa kapan tanggal dan hari haid kamu, cobalah cara yang kedua ini yaitu menggunakan kalkulator khusus untuk menghitung masa subur.

Sekarang di internet sudah tersedianya banyak aplikasi penghitung masa subur yang bisa kamu download.

tips-dan-cara-meningkatkan-kesuburan-pria

Baca juga: Tips dan Cara Meninggikan Badan Yang Cukup Efektif Lho! 

2. Mengetahui Masa Subur Pria

Memang masa subur pria tidak bisa dihitung seperti masa subur wanita. Tetapi masa subur pria bisa diketahui melalui waktu yang tepat dan kuantitas sperma.

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa subur pria seperti:

Pagi Hari Dan Musim Dingin Pria Mengalami Masa Subur

Pria akan mengalami masa subur dipagi hari atau saat musim dimana suhu udara terasa lebih dingin. Pasalnya testis sangat sensitif terhadap suhu ruangan.

Saat itu sperma yang dikeluarkan akan lebih banyak. Semakin banyak sperma yang dikeluarkan, maka akan semakin banyak juga kemungkinan sperma untuk bisa membuahi.

Memperhatikan Tanda Tanda Sperma Yang Baik

Normalnya sperma memiliki volume sebanyak 2 ml, lalu jumlah spermatozoanya sekitar 20.000.000 per millimeter, pH-nya sekitar 7,2 -8, dan warna puncat serta baunya khas.

Untuk warnanya terkadang ada sperma berwarna kekuningan, dan warna tersebut masih termasuk kategori normal.

Tetapi jika spermanya berwarna merah muda atau merah pekat, maka sebaiknya segera periksa dan berkonsultasi dengan dokter.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan akurat untuk bisa mengetahui masa subur pria yaitu dengan menggunakan kalkulator masa subur pria.

Di internet sekarang ada banyak aplikasi penghitung masa subur pria yang bisa didownload dengan mudah.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Produksi ASI Secara Alami

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *