cara-meningkatkan-produksi-asi
Parenting

5 Cara Meningkatkan Produksi ASI Secara Alami

Obatcinta.com – ASI merupakan sesuatu yang sangat penting bagi bayi, karena ASI ini merupakan sumber makanan dan minuman bayi yang baru lahir.

Oleh karena itu, dalam artikel tentang ibu menyusui kali ini akan membahas tentang 5 cara meningkatkan produksi ASI secara alami sebagai berikut:

1. Ciptakan Suasana Yang Tenang Saat Menyusui

Perlu diketahui bahwa bayi memang sangat sensitif karena memiliki indera pendengaran yang matang. Sehingga bayi akan merasa terganggu saat menyusui kalau ada suara bising yang terdengar.

Oleh karena itu ciptakan suasana yang tenang saat menyusui. Karena dengan suasana yang tenang, bayi anda akan merasa rileks sehingga bisa menyusui dalam waktu yang lama atau bahkan menyusui hingga tertidur.

2. Biarkan Bayi Menyusui Selama Yang Dia Inginkan

Dalam hal ini, jangan pernah sekalipun anda menghentikan bayi yang sedang menyusui. Jika memang dalam keadaan darurat, misalnya ada tamu, maka cukup tutupi bayi dengan kain lalu sambut tamu tersebut.

Anda juga sebaiknya tidak panik dan tergesa-gesa saat dalam keadaan genting sekalipun dan bayi masih menyusui supaya tidak mengganggu bayi. Pada saat bayi sudah merasa kenyang, ai akan berhenti menyusui dengan sendirinya.

3. Menyusui Setiap 2-3 Jam

Dengan adanya jadwal menyusui yang teratur akan semakin merangasang produksi ASI. Terutama saat bayi baru lahir. Karena bayi baru lahir ini biasanya minum ASI hingga 12 kali dalam sehari. Oleh karena itu, berikanlah ASI setiap 2-3 jam sekali, bahkan saat bayi sedang tidur. Hal ini dilakukan supaya nutrisi bayi tetap tercukupi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Masker Alami

4. Jangan Menggunakan Dot Atau Botol

Cara berikutnya untuk memproduksi ASI secara alami adalah dengan tidak menggunakan dot atau botol saat menyusui. Selama 6 bulan pertama bayi, menyusui harus menjadi satu-satunya cara untuk bayi mendapatkan asupan makanan dan minumannya. Walaupun saat anda sudah memompan susu sampai berbotol-botol.

Karena kalau menggunakan dot atau botol, bayi akan merasa kebingungan manakah yang merupakan puting ibu, apalagi aliran dot atau botol lebih lancar dan kencang.

Yang akhirnya, si bayi akan lebih senang kalau menyusui menggunakan dot dibandingkan langsung dari payudara ibunya. Dengan begitu akan membuat produksi ASI berkurang bahkan sampai berhenti.

5. Makan Makanan Bergizi

Pada masa menyusui yang eksklusif, ibu membutuhkan tambahan asupan kalori sebesar 300 – 500 kalori setiap harinya. Karena dengan makanan bergizi dan sehat bisa meningkatkan produksi ASI dan kualitas ASI.

Itulah cara meningkatkan produksi ASI, mungkin itu saja artikel kali ini semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua, terutama bagi para ibu yang sedang menyusui.

Baca juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Pacar Yang Special Setiap Tahunnya

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *