cara-mengeluarkan-dahak-pada-bayi
Parenting

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi dengan Cepat

Obatcinta.com – Pastinya bayi akan sangat tersiksa saat mengalami flu. Naiknya suhu tubuh yang disertai dengan batuk dan juga pilek akan membuatnya menjadi sangat rewel dan seringkali menangis.

Karena mereka merasa tidak nyaman dengan tenggorokannya sehingga cenderung menyebabkan malas makan dan minum susu. Terlebih lagi jika dadanya dipenuhinya dahak.

Dahak atau didalam istilah medisnya itu sputum merupakan lendir kental yang terdapat pada tenggorokan atau saluran pernapasan. Karena dahak memiliki tekstur yang sangat kental sehingga sulit dikeluarkan.

Pastinya dahak yang sulit dikeluarkan ini akan sangat mengganggu pernapasan si kecil, sehingga menyebabkannya menjadi sesak. Adanya dahak pada bayi juga bisa menyebabkan mereka kesulitan untuk mencerna atau minum ASI.

Oleh karena itu ibu harus membantu si kecil untuk segera mengeluarkan dahaknya. Lalu cara mengeluarkan dahak pada bayi yang cepat itu bagaimana?

Berikut dibawah ini cara mengeluarkan dahak pada bayi diantaranya yaitu:

1. Memperbanyak Minum

Jika tubuh terdehidrasi dengan baik maka bisa mengencerkan dahak. Penting diketahui jika salah satu alasan sulitnya dahak keluar adalah karena memiliki tekstur yang kental.

Dengan mengkonsumsi banyak cairan maka bisa membantu mempermudah dahak keluar melalui tenggorokan. Bagi anak yang masih berusia dibawah 6 bulan, bisa diberikan ASI sebanyak mungkin supaya dahaknya menjadi encer.

Sedangkan bagi anak yang sudah berusia diatas 6 bulan, bisa diberikan air putih. Semakin besar umur seorang anak maka akan semakin banyak juga kebutuhannya akan cairan untuk mengencerkan dahaknya.

2. Memberinya Minunam Hangat

Untuk mengeluarkan dahak dengan cepat dan efektif juga bisa dengan memberikan minuman yang hangat pada si kecil.

Ibu bisa saja memanaskan ASI ataupun air putih dengan suhu yang telah disesuaikan dengan kondisi si kecil.

Dengan memberinya cairan yang hangat maka dapat membuat dahak menjadi encer dan mudah dikeluarkan. Sama dengan aturan yang sebelumnya, jika bayi dengan usia dibawah 6 bulan lebih baik diberi ASI saja.

Sedangkan bayi yang sudah berusia diatas 6 bulan bisa diberi air putih hangat.

Baca juga: Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dan Pria Secara Akurat

3. Menghangatkan Tubuh Bayi

Dahak juga bisa dikeluarkan dengan cepat saat tubuh si kecil dihangatkan. Oleh karena itu hangatkan tubuh si kecil terlebih pada bagian dadanya dengan mengajaknya berjemur dibawah sinar matahari.

Manfaat berjemur dibawah sinar matahari ini tidak hanya untuk mengeluarkan dahak saja, tetapi juga sangat dianjurkan dilakukan pada bayi.

Aktivitas berjemur tersebut menawarkan banyak manfaat, dan salah satunya adalah dapat membantu si kecil mengeluarkan dahak.

4. Memberinya Penguapan

Untuk mengeluarkan dahak pada bayi juga bisa dilakukan melalui cara penguapan. Ibu bisa melakukan penguapan ini sendiri di rumah dengan cara alami ataupun menggunakan bantuan alat medis.

Penguapan sendiri secara alami yaitu dengan menggunakan uap dari air hangat yang sudah ditempatkan didalam baskom. Ibu bisa saja menambahkan sedikit larutan minyak kayu putih kedalam air hangat tersebut.

Dengan melakukan ini maka akan membantu si kecil untuk memperlancar pernapasannya yang mulai terganggu karena adanya tumpukan dahak pada saluran pernapasannya.

Cobalah dekatkan bayi ibu pada baskom yang berisi air hangat supaya uap yang dihasilkannya bisa dihirup si kecil.

Itulah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi, selain cara di atas, masih ada cara cepat lainnya untuk mengeluarkan dahak pada bayi seperti dengan menelungkupkan bayi.

Saat bayi sedang menelungkup cobalah tepuk punggungnya secara perlahan terlebih saat si kecil sedang batuk. Dengan menelungkupnya dan menepuknya secara perlahan bisa membantunya mengeluarkan dahak yang bersarang di tenggorokan dan saluran pernapasan si kecil.

Baca juga: Segudang Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *