Advertisements

3 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

Sumber: BNC News

Salah satu permasalahan umum yang dialami dalam rumah rumah tangga adalah finansial. Tidak sedikit sebuah keluarga yang ribut bahkan sampai berujung perceraian lantaran masalah keuangan yang tidak bisa teratasi dengan baik. 

Salah satu yang menyebabkan masalah finansial adalah pemasukan yang minim dengan pengeluaran yang besar. Oleh karena itu, dibutuhkan pengaturan keuangan yang baik dan benar. Berikut cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta sebagai berikut:

1. Mencatat Seluruh Arus Pengeluaran

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta yang pertama adalah dengan mencatat seluruh arus pengeluaran perbulannya. Hal ini bertujuan supaya anda bisa melihat apakah ada keputusan finansial yang kurang tepat yang dilakukan selama ini. Dengan cara ini, tentunya anda bisa terbantu dalam mengatur keuangan supaya lebih bijak lagi dalam membelanjakan uang. Coba bayangkan jika anda mengeluarkan uang tiap harinya tanpa ada catatan, lalu uang anda habis tidak tersisa di akhir bulan, anda tidak bisa mengetahui kemana saja uang tersebut dihabiskan. Oleh karena itu, mulai hari ini coba terapkan kebiasaan untuk selalu mencatat pengeluaran anda setiap bulannya.

2. Menghindari Sikap Impulsif Ketika Belanja 

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta selanjutnya adalah dengan menghindari sikap impulsif ketika belanja. Dalam hal ini anda hanya membeli sesuatu barang karena memang barang tersebut sangat anda butuhkan, bukan membeli barang yang anda inginkan atau karena ada harga promo padahal barang tersebut tidak terlalu anda butuhkan. Mungkin sebagian dari anda mengetahui bahwa kebutuhan serta keinginan itu sangatlah berbeda. Kalau yang namanya kebutuhan itu sifatnya urgen/mendesak sehingga harus disegerakan. Sedangkan keinginan merupakan suatu hasrat ketertarikan dan ingin memiliki pada suatu barang, walaupun barang tersebut tidak penting-penting amat bagi anda.

3. Tidak Bergantung Pada Satu Pemasukan

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta yang terakhir adalah dengan tidak bergantung pada satu pemasukan. Dalam hal ini, anda jangan bergantung hanya pada satu pendapatan saja, sehingga apabila salah satu sumber pendapatannya kurang menghasilkan atau minim, maka masih ada sumber pendapatan lainnya. Sebagai solusinya, anda bisa mencari penghasilan tambahan lain. Sebagai rekomendasi, berikut beberapa usaha sampingan yang bisa anda coba:

Advertisements
  • Online Shop

Bagi anda yang ingin memulai untuk menekuni bisnis, bisnis yang satu ini bisa dijadikan sebagai awal bisnis yang paling mudah. Pada saat ini, banyak anak muda yang sudah merintis bisnis onlinenya sendiri. Yang dijualnya pun sangat beragam mulai dari pakaian, camilan, buku, aksesoris, kecantikan dan lain-lainnya. 

Kebanyakan online shop tidak memproduksi dagangannya sendiri, tetapi mengambil produk dari produsen, grosir, importir dan sebagainya. Selain itu, untuk penjualannya bisa dilakukan dengan melalui beragam platform media sosial seperti Facebook, BBM, Line, Instagram dan lain-lainnya. Untuk itu bagi anda yang masih pemula, anda bisa memulai bisnis yang satu ini.

  • Bisnis Kuliner

Kuliner bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan, dan bisnis kuliner juga bisa dibilang bisnis yang tidak ada matinya. Oleh karena itu, untuk menekuni bisnis inipun tentunya gampang-gampang susah. Untuk menenkuni bisnis ini, kuncinya adalah anda mesti mempunyai produk kuliner yang original dan hanya bisa dibeli di tempat anda. Dijaman sekarang ini, banyak juga anak muda yang berkreasi dengan aneka produk kuliner seperti abon jamur, rendang dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tips Berhubungan Seks Pasangan Suami Istri Agar Keluarga Harmonis

Advertisements