Penyakit Jantung
Kesehatan

Hal Yang Mesti Anda Ketahui Tentang Penyakit Jantung

Obatcinta.com – Apa Itu Penyakit Jantung? Penyakit jantung mengacu pada kondisi yang melibatkan jantung, pembuluh, otot, katup, atau jalur listrik internal yang menyebabkan kontraksi otot. Kondisi penyakit jantung yang umum termasuk

  • Penyakit arteri coroner
  • Gagal jantung
  • Kardiomiopati
  • Penyakit katup jantung
  • Aritmia

Penyakit arteri koroner adalah penyebab utama serangan jantung. Ini adalah jenis penyakit jantung yang paling umum di dunia.

Apa Itu Serangan Jantung?

Serangan jantung terjadi pada saat arteri koroner tersumbat (biasanya oleh gumpalan darah), area jaringan jantung kehilangan suplai darahnya.

Pengurangan darah ini berdampak dapat dengan sangat cepat merusak dan membunuh jaringan pada jantung, sehingga perawatan cepat di unit gawat darurat dan rangkaian kateterisasi diperlukan untuk mengurangi hilangnya jaringan jantung.

Kehilangan jaringan jantung karena penyumbatan juga dapat menyebabkan gejala seperti nyeri dada, sesak napas, lemas, dan bahkan kematian.

Perawatan cepat telah mengurangi jumlah kematian akibat serangan jantung dalam beberapa tahun terakhir. Sekitar 790.000 orang menderita serangan jantung di Amerika Serikat setiap tahun.

Apa yang menyebabkan penyakit jantung?

Penyakit jantung mempengaruhi pembuluh darah dan sistem kardiovaskular. Banyak masalah dapat terjadi karena hal ini, banyak di antaranya terkait dengan proses yang disebut atherosclerosis, suatu kondisi yang berkembang ketika plak menumpuk di dinding arteri. Penumpukan ini mempersempit pembuluh darah, membuat darah lebih sulit mengalir.

Jika gumpalan darah terbentuk, itu dapat menghentikan aliran darah. Ini dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Tapi itu tidak berakhir di sana. Penyakit jantung dapat mengambil banyak bentuk lain juga:

Gagal jantung atau gagal jantung kongestif

Ini berarti jantung masih bekerja, tetapi tidak memompa darah sebagaimana mestinya, atau mendapatkan oksigen yang cukup.

Aritmia atau irama jantung yang tidak normal

Aritmia berarti jantung berdetak terlalu cepat, terlalu lambat atau tidak teratur. Hal ini dapat mempengaruhi seberapa baik jantung berfungsi dan apakah jantung mampu memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Masalah katup jantung

Ini dapat menyebabkan jantung tidak membuka cukup untuk memungkinkan aliran darah yang tepat. Terkadang katup jantung tidak menutup dan darah bocor, atau selebaran katup membengkak ke dalam ruang atas, menyebabkan darah mengalir mundur melalui mereka.

Apa Gejala Serangan Jantung?

Berikut ini adalah tanda-tanda peringatan serangan jantung:

  • Nyeri dada (dapat menyebar ke punggung, leher, lengan dan / atau rahang)
  • Pusing
  • Mual dan muntah
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur
  • Sesak napas
  • Beberapa orang mungkin menunjukkan kegelisahan, gangguan pencernaan dan / atau mulas (beberapa wanita mungkin datang dengan ini sebagai gejala utama mereka alih-alih sakit dada)
  • Kelemahan
  • Sakit kepala ringan
  • Berkeringat dingin

Wanita mungkin mengalami tanda dan gejala serangan jantung yang berbeda dari pria. Nyeri rahang, sesak napas, dan mual dan muntah mungkin lebih sering terjadi pada wanita yang mengalami serangan jantung daripada pria.

Apa Gejala Serangan Jantung pada Wanita?

Meskipun beberapa wanita hadir dengan gejala nyeri dada, sejumlah besar wanita tidak akan mengalami nyeri dada. Sebaliknya, wanita umumnya memiliki serangkaian gejala serangan jantung yang berbeda-beda. Ketahui Gejala Serangan Jantung ini : 

  • Aritmia
  • Batuk
  • Mulas
  • Kehilangan selera makan
  • Rasa tidak enak

Gejala-gejala tersebut pada wanita menyebabkan keterlambatan dalam diagnosis jika gejala-gejala tersebut tidak dianggap sebagai tanda-tanda kemungkinan penyakit jantung. Keterlambatan dalam diagnosis juga dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada jaringan jantung atau bahkan kematian.

Wanita harus berolahraga, berhenti merokok, mulai berolahraga, dan menemui dokter mereka untuk pemeriksaan rutin untuk memantau faktor risiko penyakit jantung.

Baca juga: Tips dan Cara Meninggikan Badan Yang Cukup Efektif Lho!

Bagaimana cara mencegah penyakit jantung?

Banyak hal yang dapat membuat Anda berisiko terhadap masalah ini – masalah yang dapat Anda kendalikan, dan hal lain yang tidak dapat Anda kendalikan. 

Tetapi hal utama yang dapat diambil adalah bahwa dengan informasi, pendidikan, dan perawatan yang tepat, penyakit jantung pada wanita dapat diobati, dicegah, dan bahkan berakhir.

Studi menunjukkan bahwa pilihan yang sehat telah mengakibatkan 330 lebih sedikit wanita meninggal akibat penyakit jantung per hari. Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup yang harus Anda lakukan:

  • Jangan merokok
    Hal pertama yang paling penting adalah menghindari segala jenis rokok, selain dapat menyebabkan serangan jantung, merokok juga sangat tidak baik untuk kesehatan.
  • Kelola gula darah Anda
    Anda dapat mengelola gula darah anda atau bahkan mengecek secara rutin pada dokter pribadi anda ataupun rumah sakit.
  • Kendalikan tekanan darah Anda
    Tekanan darah juga dapat berpengaruh terhadap resiko penyakit jantung, anda harus berhati hati dalam hal ini terlebih lagi jika usia anda sudah tidak lagi muda.
  • Turunkan kolesterol Anda
    Hal selain tekanan darah, Kolestrol juga harus dikontrol. Hal ini tidak memandang usia anda muda ataupun tua, anda harus menjaga asupan kolestrol agar terhindah dari penyakit jantung.
  • Ketahui riwayat keluarga Anda
    Jika keluarga anda memiliki riwayat penyakit jantung, ada baiknya jika anda mengecek hal ini ke rumah sakit terdekat. Dengan seperti itu anda bisa mengetahui jika anda memiliki resiko penyakit jantung yang rendah ataupun tinggi.
  • Tetap aktif
    Yang dimaksud dengan tetap aktif disini adalah jaga kebugaran badan anda, tentunya dengan olahraga yang teratur. Selain menjauhkan kita dari resiko penyakit jantung, olahraga juga dapat memberikan efek positif lainnya pada kegiatan sehari hari.
  • Kurangi atau kelola berat badan Anda
    Jika anda memiliki berat badan yang berlebih, ada baiknya jika anda mengurangi atau mengelola berat badan. Berat badan yang berlebih menjadi salah satu faktor umum penyakit jantung. 
  • Makan yang sehat
    Seperti yang telah disinggung diatas tentang berat badan, anda pun sangat direkomendasikan untuk memakan makanan yang sehat. Makanan yang kaya akan gizi sangat berpengaruh terhadap berat badan dan tentunya kesehatan jantung itu sendiri. Kebanyakan dokter jantung merekomendasikan makanan berikut. 
  1. Makanan Sehat Jantung
    – Buah-buahan
    – Legum
    – Sayuran
    – Biji-bijian utuh
  2. Makanan Yang Dapat Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol
    – Kacang-kacangan
    – Minyak nabati
    – Biji-bijian

Makan ikan sekitar dua kali seminggu adalah sumber protein yang sangat baik karena tanpa lemak yang ditemukan dalam daging merah. Beberapa peneliti telah menyarankan bahwa diet yang lebih seperti vegetarian sebenarnya dapat membalik beberapa aspek penyakit arteri koroner seperti ukuran pada plak.

Batasi asupan lemak jenuh, lemak trans, daging merah, gula, minuman manis, dan natrium untuk melindungi jantung dan pembuluh darah anda. 

Setelah membaca artikel diatas, kini anda sudah mengerti lebih tentang penyakit jantung dan cara mencegahnya. Mari kita sayangi jantung agar dapat hidup lebih sehat dan bugar.

Baca juga: Ini Dia Tips dan Cara Menghilangkan Kulit Kering di Wajah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *