gagal-jantung
Kesehatan

Apa Yang Dimaksud Dengan Gagal Jantung? Yuk, Kita Cari Tahu

Obatcinta.com – Heart failture alias gagal jantung akan terjadi ketika otot jantung tidak bisa lagi memompa darah dengan bagi ke seluruh tubuh.

Tanpa adanya aliran darah yang cukup, maka semua fungsi dari organ tubuh menjadi terganggu.

Bagi para penderita penyakit jantung koroner dan hipertensi (tekanan darah tinggi), maka kondisi tersebut juga disertai dengan menyempitnya arteri jantung, sehingga otot jantung akan melemah, kaku, dan mengeras.

Akibatnya, kondisi ini akan membuat jantung tidak mampu lagi memompa darah ke tubuh dengan maksimal. 

Namun, tidak semua kondisi yang menyebabkan gagal jantung itu bisa diperbaiki. Akan tetapi, pengobatan yang tepat dapat meredakan atau meringankan gejala gagal jantung.

Pada intinya, kita harus menerapkan pola hidup yang sehat, seperti berolahraga secara rutin dan teratur, mengurangi makanan cepat saji, hindari stress, menjaga berat badan tetap ideal, konsumsi buah dan sayuran, dan lain sebagainya. 

Gejala Yang Ditimbulkan Dari Gagal Jantung

Perlu kalian ketahui, bahwa masalah gagal jantung itu bisa terjadi secara perlahan dan menahun.

Namun jika sudah memasuki fase akut, maka gejala yang ditimbulkannya bisa terjadi secara tiba-tiba lho! Adapun mengenai berbagai gejala yang muncul dari gagal jantung seperti:

  • Sesak nafas saat melakukan aktivitas maupun saat berbaring.
  • Sesak nafas mendadak dan berat, dan mengeluarkan mucus (lendir) yang berbusa dengan warna kemerahan.
  • Tubuh mudah lelah dan otot melemah.
  • Terjadi pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.
  • Detak jantung yang tidak teratur dan lebih cepat.
  • Menurunnya intensitas serta kemampuan berolahraga.
  • Batuk secara terus menerus, mengi dengan dahak berwarna putih atau merah muda.
  • Sering buang air kecil di malam hari.
  • Terjadi pembengkakan di area perut.
  • Naiknya berat badan secara cepat karena adanya penumpukan cairan.
  • Nafsu makan menjadi turun yang disertai rasa mual.
  • Konsentrasi dan kewaspadaan menurun.
  • Rasa nyeri di area dada ketika terjadi serangan jantung.

Lantas, Apa Yang Menjadi Penyebab Dari Gagal Jantung?

Menurut informasi yang di dapat, masalah gagal jantung itu disebabkan karena adanya penyakit-penyakit tertentu. Adapun mengenai jenis penyakit yang bisa memicu gagal jantung seperti:

  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi, yang memaksa jantung harus bekerja lebih keras lagi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Cardiomyopathy, dikarenakan adanya gangguan pada otot jantung yang membuat otot jantung menjadi lemah.
  • Adanya kerusakan atau kelainan pada katup jantung.
  • Hipotiroidistis / hipertiroidistis
  • Diabetes
  • Serangan jantung
  • Emfisema (penyakit kronis akibat kerusakan pada kantung udara di organ paru-paru).
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Cacat jantung bawaan
  • Infeksi virus seperti HIV
  • Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol
  • Konsumsi makanan berlemak, kolesterol, dan tinggi garam
  • Aritmia (irama jantung tidak normal)
  • Jenis kelamin (pria memiliki risiko lebih tinggi ketimbang wanita)

Pencegahan Gagal Jantung

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya gagal jantung, seperti berolahraga secara rutin dan teratur.

Konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak minum air putih, jangan merokok, jangan konsumsi minuman beralkohol, hindari makanan berlemak dan garam tinggi, cukupi waktu istriahat, dan pola sehat lainnya. 

Pengobatan Alami Gagal Jantung

1. Beras Hitam Organik

Cara mengobati gagal jantung secara alami yang pertama adalah dengan mengonsumsi beras hitam organik. Beras hitam organik ini sangat tinggi akan kandungan antocyanin.

Dimana kandungan antocyanin dalam beras hitam ini merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan jenis beras lainnya.

Antocyanin ini diklaim bisa mencegah penyakit jantung dan melindungi terhadap segala macam peradangan yang merupakan sumber utama penyebab dari munculnya berbagai penyakit saat ini, seperti asma, arthritis, hingga kanker.

2. Kulit Manggis

Cara mengobati gagal ginjal secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan kulit manggis. Dimana, kulit manggis ini mengandung xanthone yang berfungsi untuk menghidupkan antioksidan yang bisa mencegah radikan bebas.

Seperti yang diketahui bahwa zat radikal bebas ini bisa memunculkan endapan pembuluh darah serta memicu terjadinya penyumbatan.

Kandungan Xanthones dalam kulit manggis ini terdiri dari 2 jenis, yakni alpha manggis dan gamma manggis yang bisa membantu dalam pengobatan berbagai penyakit kardiovaskular. 

3. Bawang Putih

Untuk mengobati gagal ginjal secara alami lainnya adalah dengan menggunakan bawang putih.

Hal ini disebabkan berkat adanya kandungan antioksidan dalam bawang putih yang dapat membantu untuk menghilangkan kolesterol jahat, mencegah munculnya serangan kanker dan menurukan kadar gula darah.

Dengan demikian, bawang putih ini menjadi salah satu obat alami untuk penyakit jantung koroner.

4. Kunyit Putih

Obat alami gagal jantung selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit putih. Karena kunyit putih ini mengandung zat anti-lipid peroksida yang berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung koroner, asam urat, dan diabetes. 

Baca juga: Tips dan Cara Meninggikan Badan Yang Cukup Efektif Lho!

5. Teh Hijau

Selain enak diseduh di pagi atau sore hari, namun ternyata teh hijau juga bermanfaat untuk mengobati gagal jantung secara alami.

Karena teh hijau ini memiliki kandungan vitamin K yang mampu menurunkan tekanan darah dan obat untuk penyakit jantung.

Selain itu, teh hijau juga dipercaya dapat menurunkan berat badan dan mencegah kolesterol.

6. Daun Sirsak

Cara mengobati gagal jantung alami lainnya adalah dengan daun sirsak. Daun sirsak ini bersifat validator yang dapat melebarkan pembuluh darah yang tersumbat.

Cara membuat obat gagal jantung alami dari daun sirsak ini cukup mudah dan sederhana. Pertama siapkan 5 lembar daun dan rebus di air yang mendidih, tunggu hingga air berubah warna.

Sesudah berubah warna, ramuan ini bisa anda langsung konsumsi dalam keadaan masih hangat.  

7. Buah Pepaya

Selain manis rasanya ternyata buah pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk mengobati gagal jantung.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat, kalium dan vitamin pada buah pepaya yang bisa mencegah penyakit jantung. Selain itu, peningkatan asupan kalium bisa mengurangi efek buruk penyakit jantung.

8. Buah Jeruk

Cara mengobati gagal jantung alami yang terakhir adalah dengan mengonsumsi buah jeruk.  Selain enak dikonsumsi langsung atau dibuat jus, ternyata buah jeruk juga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Seperti yang diketahui bahwa buah jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi dan flu.

Selain bisa mencegah kanker, antioksidan yang ada pada jeruk ini bisa melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol.

Dimana oksidasi kolesterol ini cenderung menempel di bagian dalam arteri serta membatasi suplai darah ke jantung yang akhirnya bisa memicu serangan jantung. 

Pengobatan alami tersebut tidak bisa menyembuhkan, melainkan berfungsi untuk mengurangi dan meredakan gejala dari gagal jantung

Baca juga: Hal Yang Mesti Anda Ketahui Tentang Penyakit Jantung

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *