Advertisements

9 Ciri Ciri Menstruasi Akan Datang yang Wajib Kamu Tahu

Ciri Ciri Menstruasi Akan Datang
Sumber: Halodoc

Haid atau menstruasi adalah siklus alami yang biasa terjadi pada tubuh wanita, siklus ini terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi yang baik dari FSH-Estrogen atau LH-Progesteron.
Bicara soal menstruasi, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang ciri-ciri menstruasi akan datang sebagai berikut:

1. Kram Perut

Kram Perut
Sumber: Health Kompas

Kram perut merupakan ciri-ciri akan menstruasi yang paling khas. Pada umumnya kondisi ini bisa muncul 1 sampai 2 hari menjelang masa haid tiba.

Namun, anda jangan khawatir karena keluhan ini biasanya akan hilang ketika anda sudah mulai haid atau muncul di hari pertama saja.

2. Muncul Jerawat

Muncul Jerawat
Sumber: JD.ID

Selain kram perut, munculnya jerawat juga bisa menjadi tanda menstruasi akan segera dimulai. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatkan hormon progesterone, sehingga memicu produksi sebum lebih banyak yang bisa menyumbat pori-pori kulit wajah. Timbunan minyak inilah yang akhirnya menghasilkan jerawat.

3. Payudara terasa padat dan nyeri ketika disentuh

Payudara terasa padat dan nyeri ketika disentuh
Sumber: SehatQ

Salah satu ciri akan datangnya masa menstruasi yang seringkali dialami oleh wanita adalah payudara terasa padat dan nyeri ketika disentuh. Jadi, jika payudara terasa bengkak, lebih berat, dan terasa nyeri terutama di sisi terluranya, ini menjadi tanda anda akan mengalami menstruasi

Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon progesterone yang relative meningkat pada saat menjelang masa haid.

Pada umumnya, rasa sakit pada payudara akan mereda saat masa menstruasi dimulai atau setelahnya.

4. Perut Kembung

Perut Kembung
Sumber: Halodoc

Sudah makan secara teratur, tetapi perut anda tetap saja terasa kembung dan bergas. Hal itu bisa menjadi tanda menstruasi akan segera datang. Kondisi ini juga dipengaruhi adanya perubahan hormon serta makanan yang dikonsumsi.

Untuk mencegah hal ini terjadi, anda dianjurkan untuk lebih banyak minum air, menghindari makanan mengandung gas, makan dalam porsi kecil, dan rutin berolahraga.

5. Mood Swing

Mood Swing
Sumber: Kompas Health

Menjelang masa menstruasi tiba, anda bisa mengalami perubahan mood, seperti sedih, senang, dan kesal dalam waktu yang cepat. Kondisi ini biasanya akan mereda setelah haid anda dimulai.

Jika anda mengalami mood swing ketika menstruasi, maka disarankan anda untuk cukup waktu istirahat, tenang dengan bersemedi misalnya, dan coba mengonsumsi beberapa makanan yang bisa meredakan keluhan ini seperti buah-buahan, sayuran, berdaun hijau, atau susu.

Advertisements

Baca juga: Gangguan-Gangguan Menstruasi yang Perlu Kamu Ketahui

6. Sembelit / Diare

Sembelit / Diare
Sumber: Wolipop

Ada sebagian wanita yang mengeluhkan gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare selama beberap hari sebagai datanya haid. Kondisi ini dikarenakan meningkatnya hormon menjelang haid.

Dalam hal ini, peningkatkan hormon prostaglandin bisa memicu usus berkontraksi sehingga menyebabkan diare. Sementara sembelit disebabkan adanya peningkatan hormon progesteron.

7. Kecapaian tapi sulit tidur

Cara Cepat Bisa Tidur Lelap, Hilangkan Sakit Kepala dan Insomnia - Semua  Halaman - Grid Health
Sumber: Grid Health

Pada saat menstruasi sebentar lagi datang, maka anda akan menjadi lebih susah tidur malam walaupun badan sudah kelelahan.

Kondisi ini terjadi merupakan kombinasi dari berbagai faktor penyebab, seperti stress fisik karena badan lelah, perubahan hormon menjelang haid, dan stress emosional akibat aktivitas harian yang padat.

8. Sakit Kepala

Sakit Kepala
Sumber: CNN Indonesia

Sebagian wanita mengalami keluhan sakit kepala berat ketika menjelang masa menstruasi datang.

Hal ini berhubungan dengan terjadinya perubahan kadar hormon estrogen di dalam tubuh yang bisa mengganggi kondisi otak. Alhasil, terjadilah sakit kepada saat menstruasi.

9. Nafsu Makan Meningkat

7 Penyebab Nafsu Makan Meningkat yang Mungkin Kamu Alami Halaman all -  Kompas.com
Sumber: Lifestyle Kompass

Biasanya ketika masa menstruasi datang, nafsu makan akan meningkat. Orang yang akan mengalami haid mungkin menginginkan makanan manis, seperti cokelat, permen, atau makan cepat saji.

Meskipun nafsu makan semakin meningkat, namun sebaiknya anda juga tetap memperhatikan pola makan sehat.

Baca juga: Cara Mengetahui Siklus Menstruasi Normal dan Tidak

Advertisements