cara mengatasi overthinking berlebihan
Advertisements

Menghadapi overthinking berlebihan memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Kita semua pasti pernah merasakan khawatir berlebihan tentang hal-hal yang sebenarnya sepele.

Misalnya, kamu terus memikirkan apakah kamu sudah melakukan presentasi dengan baik, atau apakah teman-temanmu benar-benar menyukaimu.

Pikiran-pikiran seperti ini bisa mengganggu ketenanganmu. Lalu, bagaimana cara mengatasi overthinking berlebihan ini? Yuk, kita bahas satu per satu caranya!

1. Kenali Pemicu Overthinking

Langkah pertama dalam cara mengatasi overthinking berlebihan adalah dengan mengenali pemicu utamanya. Setiap orang punya pemicu overthinking yang berbeda-beda, bisa berupa situasi tertentu, orang, atau bahkan pikiran sendiri.

Cobalah untuk jujur pada diri sendiri dan identifikasi apa yang biasanya membuatmu mulai berpikir berlebihan. Apakah itu tugas pekerjaan yang menumpuk, konflik dengan teman, atau kekhawatiran tentang masa depan?

Dengan mengenali pemicu ini, kamu bisa mulai mengantisipasi dan mencari cara untuk menghadapinya sebelum pikiranmu berlarian tak terkendali.

Menulis jurnal bisa membantu dalam proses ini. Catatlah setiap kali kamu mulai overthinking, dan lihat pola yang muncul. Ini bisa memberikan wawasan tentang pemicu utamamu.

2. Alihkan Perhatian dengan Aktivitas Positif

Salah satu cara efektif untuk mengatasi overthinking berlebihan adalah dengan mengalihkan perhatianmu ke aktivitas positif. Aktivitas fisik seperti olahraga, berjalan-jalan di taman, atau yoga bisa membantu meredakan kecemasan dan membuat pikiran lebih fokus.

Selain itu, kegiatan kreatif seperti melukis, menulis, atau memasak juga bisa menjadi pelarian yang baik dari overthinking.

Ketika kamu sibuk dengan aktivitas yang menyenangkan, pikiran negatif akan berkurang dan perasaan cemas pun akan mereda.

Cobalah untuk menyusun jadwal harian yang berisi berbagai aktivitas positif yang bisa kamu lakukan, sehingga pikiranmu tidak punya banyak waktu untuk melayang ke arah yang negatif.

3. Praktikkan Mindfulness

Mindfulness adalah teknik yang sangat berguna untuk mengatasi overthinking berlebihan. Dengan mempraktikkan mindfulness, kamu belajar untuk hidup di saat ini dan fokus pada apa yang sedang terjadi, bukan pada apa yang mungkin terjadi atau apa yang sudah terjadi. Salah satu cara paling sederhana untuk mempraktikkan mindfulness adalah dengan meditasi.

Mulailah dengan duduk tenang dan fokus pada napasmu. Setiap kali pikiran mulai berkelana, kembalilah fokus pada napas.

Latihan ini mungkin terasa sulit pada awalnya, tapi dengan latihan rutin, kamu akan menjadi lebih baik dalam mengendalikan pikiran dan mengurangi overthinking.

Selain meditasi, kamu juga bisa mencoba latihan mindfulness lainnya seperti berjalan meditatif atau mendengarkan musik dengan penuh perhatian.

4. Batasi Konsumsi Informasi Negatif

Di era digital ini, kita sering kali dibombardir dengan informasi dari berbagai sumber, mulai dari berita, media sosial, hingga percakapan sehari-hari. Informasi yang berlebihan, terutama yang bersifat negatif, bisa memicu overthinking.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi overthinking berlebihan adalah dengan membatasi konsumsi informasi yang tidak perlu.

Cobalah untuk mengurangi waktu yang kamu habiskan di media sosial atau menonton berita yang penuh dengan hal-hal negatif. Pilihlah sumber informasi yang positif dan bermanfaat.

Advertisements

Kamu juga bisa mengatur waktu khusus untuk mengecek berita atau media sosial, sehingga kamu tidak terus-menerus terpapar informasi sepanjang hari.

5. Berbicara dengan Orang Terdekat

Berbagi perasaan dan pikiran dengan orang terdekat bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi overthinking berlebihan. Terkadang, dengan berbicara tentang apa yang mengganggu pikiranmu, kamu bisa mendapatkan perspektif baru yang lebih positif.

Orang terdekat, seperti keluarga atau teman, bisa memberikan dukungan emosional dan membantu kamu melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda.

Jangan ragu untuk meminta bantuan atau sekadar bercerita tentang apa yang kamu rasakan. Ingatlah bahwa kamu tidak sendirian, dan ada banyak orang yang siap mendukungmu.

Jika perlu, kamu juga bisa mencari bantuan profesional seperti psikolog atau konselor untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.

Baca juga: 10 Cara Menenangkan Orang Menangis dengan Efektif!

6. Tetapkan Batas Waktu untuk Berpikir

Menetapkan batas waktu untuk berpikir adalah cara lain yang bisa membantu mengatasi overthinking berlebihan. Misalnya, kamu bisa memberi diri sendiri waktu 10 menit setiap hari untuk memikirkan masalah yang mengganggu. Setelah waktu tersebut habis, kamu harus berkomitmen untuk berhenti memikirkannya dan melanjutkan aktivitas lain.

Dengan cara ini, kamu tidak membiarkan pikiran negatif mengambil alih seluruh harimu. Kamu memberikan ruang bagi dirimu untuk memikirkan masalah, tapi juga mengatur batasan agar tidak terjebak dalam overthinking. Latihan ini bisa membantu kamu menjadi lebih disiplin dalam mengelola pikiran.

7. Fokus pada Hal-Hal yang Bisa Dikendalikan

Salah satu alasan utama mengapa kita overthinking adalah karena kita terlalu fokus pada hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan. Untuk mengatasi overthinking berlebihan, cobalah untuk fokus pada hal-hal yang bisa kamu kendalikan.

Misalnya, daripada terus memikirkan apakah proyek kerjamu akan diterima oleh atasan, fokuslah pada usaha dan kualitas kerja yang bisa kamu berikan.

Dengan mengalihkan fokus pada hal-hal yang berada dalam kendalimu, kamu bisa mengurangi kecemasan dan merasa lebih tenang. Buatlah daftar hal-hal yang bisa kamu kendalikan dan hal-hal yang tidak bisa kamu kendalikan.

Setiap kali kamu mulai overthinking, lihat kembali daftar tersebut dan ingatkan diri untuk fokus pada apa yang bisa kamu lakukan.

8. Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Terakhir, jangan lupa untuk memberi waktu bagi dirimu sendiri untuk beristirahat dan bersantai. Overthinking sering kali terjadi karena kita terlalu sibuk dan tidak memberi cukup waktu untuk diri sendiri.

Jadwalkan waktu khusus setiap hari untuk melakukan aktivitas yang kamu nikmati, seperti membaca buku, menonton film, atau sekadar duduk santai.

Waktu untuk diri sendiri sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan mengurangi overthinking. Ingatlah bahwa merawat diri sendiri bukanlah hal yang egois, melainkan bagian dari menjaga kesejahteraanmu secara keseluruhan.

Mengatasi overthinking berlebihan memang memerlukan usaha dan ketekunan, tapi dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu bisa melatih dirimu untuk lebih tenang dan fokus pada hal-hal yang positif.

Ingatlah bahwa overthinking adalah kebiasaan yang bisa diubah, dan kamu punya kendali atas pikiranmu sendiri. Dengan mengenali pemicu, mengalihkan perhatian, mempraktikkan mindfulness, dan berbicara dengan orang terdekat, kamu bisa mengurangi overthinking dan menjalani hidup dengan lebih tenang dan bahagia. Jadi, yuk mulai praktikkan tips-tips ini dan rasakan perubahan positif dalam dirimu!

Baca juga: 10 Tips Memperbaiki Kualitas Sel Telur, Tingkatkan Kesuburan!

Advertisements