Advertisements
Sumber: FK UI – Universitas Indonesia

Penyakit ginjal merupakan sebuah kejadian yang mana menurunnya fungsi ginjal dalam menyaring zat-zat yang mana harus masuk ke tubuh atau yang harus dibuang, penyakit ini termasuk ke dalam silent disease karena banyak sekali yang tidak menyadari kehadirannya. 

Karena nyatanya menurut Dr.dr. Parlindungan Siregar,Sp.PD-KGH pada konferensi pers “Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2014: Penyakit Ginjal Kronik dan Penuaan” yang berlangsung di Pearl Restoran, Hotel J.W. Marriott, Jl. Lingkar Mega Kuningan Jakarta menyatakan bahwa banyak pasiennya yang terkejut sekali ketika pertama kali periksa langsung mendapat diagnosa bahwa penyakit ginjalnya sudah harus mendapatkan cuci darah padahal sebelumnya tidak ada gejala.

Berikut ini beberapa penyakit komplikasi akibat kerusakan ginjal:

  1. Kelebihan Cairan

Minum memang bagus untuk kesehatan namun jika terlalu banyak ternyata juga dapat merusak ginjal, sebaliknya jika pengidap ginjal kronis minum terlalu banyak maka tidak semua air tersebut dibuang tetapi malah bisa menumpuk di dalam pembuluh darah yang memaksa jantung bekerja lebih keras dari pada biasanya. Karena pengindap ginjal kronis umumnya tidak mampu membuang cairan yang masuk terlalu banyak, hal ini sangat berbahaya jika tidak terkontrol oleh dokter selaku pihak medis yang lebih paham kondisi tubuh pasiennya.

  1. Hiperkalemia

Jika kaliun yang dikandung darah sangat tinggi, akan memicu jantung bekerja dengan tidak sempurna dan menyebabkan gangguan di jantung yang dapat berakibat pada kematian yang tiba-tiba. Kalium ini berasal dari ginjal yang tak mampu membuang kalium secara sempurna lagi, pengidapnya disarankan untuk mengurangi konsumsi buah juga sayuran dalam jumlah banyak yang merupakan sumber kalium.

  1. Metabolik Asidosis

Ginjal juga berfungsi untuk mengatur elektrolit, cairan, juga asam basa yang terkandung dalam darah. Apabila fungsi ini menurun, maka darah akan asam juga pHnya akan turun. Hal ini akan memicu pelebaran pembulu darah sehingga terjadi gangguan pada kontraksi jantung.

  1. Gangguan Mineral & Tulang

Jika pengidap penyakit ginjal kronik lama mendiamkan penyakitnya ini, maka tanpa dirasa akan mengganggu mineral juga tulang. Asupan kalsium yang tidak memadai karena penyerapan yang tidak bekerja dapat menyebabkan tulang mudah patah, maka umum terjadi jika pengidap ginjal kronis memiliki tulang yang mudah patah.

Baca juga: Ketahui! Ini 7 Manfaat Ciuman Bibir utuk Kesehatan Tubuh

Advertisements
  1. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga dapat menjadi penyakit komplikasi dari gangguan ginjal kronis, hal ini diakibatkan adanya gangguan glomerular sehingga penderita akhirnya juga mengalami hipertensi. Selain itu tekanan darah tinggi juga bisa disebabkan oleh terlalu banyaknya cairan karena kerja ginjal yang sudah tidak maksimal.

  1. Anemia

Anemia atau kekurangan hormone eritrokosit yang pada akhirnya menurunkan kemampuan sum-sum tulang yang berguna untuk membentuk darah.

  1. Dislipidemia

Dislipidemia adalah gangguan kolesterol yang nyatanya juga dapat mengganggu kerja organ-organ manusia, hal ini juga umum terjadi pada pengidap gangguan ginjal kronik yang akhirnya bisa mengalami kolesterol yang tinggi.

  1. Disfungsi Seksual

Bagi siapapun yang pada usia muda sudah menderita penyakit ginjal kronis terkhususkan pada pria, biasanya akan sangat mudah kelelahan ketika melangsungkan hubungan intim ataupun kesulitan untuk mencapai ereksi. Begitu juga dengan wanita yang kesulitan merasakan Hasrat seksual dan tidak mudah mengeluarkan cairan pada kemaluannya.

Itulah tadi ulasan lengkap dari 8 penyakit komplikasi akibat kerusakan ginjal kronis, jika anda merasakan salah satunya ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter sebelum terlambat.

Baca juga: Hal Yang Mesti Anda Ketahui Tentang Penyakit Jantung

Sumber: https://beritakubaru.com/

Advertisements