manfaat-jahe-merah
Kesehatan

Dapat Membantu Diet, Apa Saja Manfaat Jahe Merah Lainnya?

ObatCinta.com – Jahe merah memiliki keunggulan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jahe jenis lainnya. Jika dilihat dari kandungan senyawa kimia dalam rimpangnya, jahe merah memiliki kandungan gingerol, oleoresin, dan minyak atsiri yang lebih tinggi. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa manfaat jahe merah salah satunya adalah sebagai antioksidan dan anti inflamasi.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwasannya jahe merah dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus maupun bakteri. Mau tahu manfaat jahe merah lainnya bagi kesehatan? Salah satunya bisa membantu kamu yang sedang diet lho, yuk kita simak manfaat lainnya pada ulasan di bawah ini!

1. Dapat Mengatasi Rematik

Jahe merah disebut ampuh untuk mengatasi rematik. Kandungan flavonoid yang terdapat di dalamnya dapat membantu para penderita rematik dalam mengurangi rasa nyeri pada sendi yang meradang.

Jika dikonsumsi secara rutin, manfaaf jahe merah dapat dirasakan oleh para penderita rematik dimana rasa nyeri akibat rematik tersebut menjadi lebih berkurang. Tak perlu obat racik, jahe merah ini sangat berguna sebagai obat herbal.

2. Membantu Program Diet

Manfaat kedua yang paling dirasakan dari mengonsumsi jahe merah adalah dapat membantu seseorang yang sedang dalam program diet. Bagaimana caranya?

Pengonsumsian jahe merah dapat mengontrol nafsu makan, dimana setiap kali dikonsumsi perut akan terasa lebih cepat kenyang dan nafsu makan pun berkurang. Sensasi pedas yang terdapat dalam jahe merah juga disebut dapat membantu membakar kalo serta lemak dalam tubuh.

Bagi kamu yang sedang menjalani diet, jahe merah bisa menjadi “sahabat” baru mu!

Baca juga: Informasi Harian Tentang Perawatan Wanita di Popbela.com

3. Baik untuk Kesehatan Lambung dan Pencernaan

Manfaat baik dari jahe merah yang ketiga khasiatnya bagi kesehatan lambung dan pencernaan. Dengan mengonsumsi jahe merah secara rutin, disebut dapat mengatasi berbagai masalah saluran pencernaan seperti infeksi atau luka pada lambung dan membuat lambung terasa lebih tenang.

Kandungan yang terdapat dalam jahe merah mampu menjaga jumlah asam lambung agar tetap stabil dan juga dapat mengurangi rasa mual atau keinginan untuk muntah ketika perut terasa tak enak.

4. Mengobati Sakit Asma atau Sesak Nafas

Dengan adanya kandungan minyak atsiri yang tinggi, jahe merah dipercaya dapat mengobati penyakit pernapasan, seperti asma atau sesak nafas.

Kandungan minyak atsiri yang dapat melegakan saluran pernapasan sangat ampuh untuk menangkal berbagai masalah pernapasan. Hanya dengan merebus jahe merah dan meminumnya secara rutin, saluran pernapasan dapat bekerja dengan lebih baik.

5. Dapat Mengurangi Risiko Radang Usus

Yang terakhir, jahe merah juga dapat mengurangi risiko terkena radang usus. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat zingeron pada jahe merah yang aktif menghambat enzim yang bisa menyebabkan munculnya peradangan pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko radang usus, kamu bisa mulai mengonsumsi jahe merah setiap harinya. 

Dari beragam manfaat jahe merah di atas, kamu pasti bertanya-tanya apa saja olahan yang dapat dibuat dari jahe merah. Tak perlu bingung, hanya dengan sesederhana menyeduh air rebusan jahe merah, kamu bisa merasakan manfaat dari tanaman rimpang ini. Selamat mencoba!

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *