Advertisements

Syarat Dapat Gaji di Youtube dan Cara Menghitungnya, Simak di Sini!

Tertarik menjadi seorang Youtuber? Ada penghasilan yang menggiurkan jika video yang dibuat bisa ditonton banyak orang. Apalagi video tersebut berdurasi panjang, dengan banyaknya iklan yang ada di dalamnya.

Namun untuk bisa mendapatkan penghasilan tersebut ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Nah, simak beberapa syarat untuk bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube berikut dan cara menghitungnya!

Syarat Bisa Mendapatkan Gaji di Youtube

Sumber: Youtube

Hal pertama sebelum jauh bisa menghitung gaji di Youtube adalah dengan memenuhi persyaratan monetisasi. Dengan syarat ini seorang Youtuber akan bisa mendapatkan gaji dari munculnya iklan yang ada di videonya.

Persyaratan tersebut dulunya sangat mudah. Tepatnya sebelum 2018, Youtube hanya memberikan syarat dengan jumlah penonton sebesar 10 ribu viewers. Namun hal itu banyak dicurangi dan mengharuskan Youtube Partner Program (YPP) memperbarui persyaratan.

Baca juga: Contoh Rundown Acara Lamaran yang Sederhana

Nah, persyaratan agar seseorang bisa memonetisasi Youtube adalah sebagai berikut:

  1. Konten atau video dari setiap channel harus menghindari konten yang berbau kekerasan, pornografi, dan plagiat.
  2. Syarat kedua mengharuskan konten yang dibuat harus memenuhi jumlah jam tayang selama 4 ribu jam selama satu tahun. Jika dalam satu tahun tidak mencapai jumlah tersebut maka akan dihitung ulang di tahun berikutnya.
  3. Jumlah subscriber harus minimal 1.000. Jika kurang dari jumlah tersebut tidak akan bisa memonetisasi.
  4. Hubungkan Youtube Anda dengan Google Adsense. 

Cara untuk menghubungkannya sangat mudah. Yaitu sebagai berikut:

Pada channel Youtube Anda masuk ke “Creator Studio”, kemudian pilih “Status and Features”. Di dalamnya terdapat menu “Monetization” dan klik “Enable”. Kemudian ikuti instruksinya sampai selesai.

Semua persyaratan tersebut harus dipenuhi semuanya. Jika salah satu tidak dipenuhi, meski sudah memenuhi persyaratan lainnya, tetap tidak akan membuat Anda bisa mendapatkan gaji dari Youtube.

Advertisements

Cara Menghitung Gaji Youtuber

Sumber: Bank Sinarmas

Setiap Youtuber bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang ada di dalam video Anda. perhitungannya adalah sebesar 55 persen dari tarif yang dibebankan kepada pengiklan.

Contohnya ketika Anda memiliki video yang ditonton oleh 5 ribu viewer, berarti akan dihitung sebesar 550 orang yang menonton iklan yang ada dalam video tersebut. Untuk harga iklan yang ada di Indonesia adalah sebesar Rp 7 setiap penonton. Berarti untuk setiap 1.000 viewer akan mendapatkan Rp 7 ribu x 550, hasilnya adalah Rp 3.850.000.

Setelah itu, dari jumlah uang yang dibebankan kepada pengiklan, Youtuber akan mendapatkan 55 persennya. Jadi Rp 3.850.000 x 55%, hasilnya adalah Rp 2.117.500 yang bisa didapatkan oleh Youtuber.

Jumlah tersebut adalah untuk video yang ditonton oleh 5 ribu pengguna. Jika video yang ditonton lebih dari satu, dan jumlah pengguna yang menonton lebih dari 5 ribu pengguna, maka semakin besar penghasilan dari Youtuber tersebut.

Ada lagi penghasilan yang bisa didapatkan oleh Youtuber selain banyaknya penonton yang melihat video, yaitu cost per click (CPC). Penghasilan ini bisa didapatkan oleh Youtuber jika ada penonton yang mengklik iklan yang ada dalam video tersebut. Harga dari setiap klik tersebut antara Rp 5 ribu sampai Rp 12 ribu.

Namun, jangan sampai Anda mengklik iklan di video Anda sendiri. Jika hal itu dilakukan maka akan dihitung sebagai tindakan yang curang, dan Anda bisa mendapatkan sanksi dari Youtube dengan pengurangan jumlah penghasilan yang diterima.

Itulah syarat dan cara menghitung penghasilan dari Youtuber. Jumlah tersebut pastinya membuat banyak orang tergiur untuk menjadi seorang Youtuber. Jadi, berniat menjadi Youtuber sekarang juga?

Baca juga: 3 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

Sumber: https://hariancewek.com/

Advertisements