General

Tanaman Hias Batang Untuk Mempercantik Rumah Anda

Belakangan ini tren tanaman hias semakin digandrungi banyak kalangan untuk membuat suasana rumah huniannya semakin indah, asri dan sejuk. Berbeda dengan tanaman pada umumnya, tanaman hias ini bisa dipelihara tanpa menggunakan tanah dan hanya menggunakan air atau cahaya matahari. 

Salah satu jenis tanaman hias yang lagi digandrungi banyak orang adalah tanaman hias batang. Jenis tanaman hias yang satu ini memiliki keindahan pada batangnya tanpa banyak daun dan bunga.  

Perlu diketahui bahwa tanaman hias batang ini terdiri dari beberapa jenis. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang beberapa tanaman hias batang sebagai berikut ini :

1. Bambu Kuning

Tanaman hias batang yang pertama adalah bambu kuning. Tanaman hias yang satu ini biasa dijadikan sebagai tanaman penghias taman atau sebagai tanaman pembatas. Bambu kuning dengan nama latinnya Bambusa vulgaris var striata ini memiliki ruas batang berwarna kuning serta ukurannya yang ramping. Jika ditanam dengan jumlah banyak, akan membuat taman rumah anda nampak lebih rimbun dan modern. Ada sejumlah orang yang meyakini bahwa keberadaan tanaman ini dapat mengusir setan atau hantu di rumah. 

Tanaman Hias Batang Untuk Mempercantik Rumah Anda

2. Palem Bambu

Tanaman hias batang dengan nama latin Dypsis lutescens ini sering ditanam di halaman maupun di dalam rumah. Selain dapat mempercantik ruangan, hadirnya palem bambu ini juga bisa membersihkan udara kotor di dalam ruangan, sehingga membuat udara menjadi lebih bersih dan sehat. 

Tanaman Hias Batang Untuk Mempercantik Rumah Anda

3. Bambu Air 

Tanaman hias batang selanjutnya adalah bambu air atau dengan nama latinnya Aquisetum hyemale. Tanaman bambu air ini merupakan tanaman yang bisa tumbuh di genangan air. Selain itu, tanaman bambu air ini juga bisa tumbuh mencapai 3 meter dengan diameter yang cukup kecil sehingga tidak memakan banyak space. Ditambah dengan daunnya yang tumbuh pada sendi-sendi bambu sehingga membuatnya semakin cantik mempesona. 

Tanaman Hias Batang Untuk Mempercantik Rumah Anda

Ada beberapa jenis tanaman batang yang bisa anda tanam untuk menghiasi rumah, seperti bambu air belang hijau putih, atau bambu air hijau. Bahkan, ada sebagian orang yang meyakini bahwa dengan menyimpan tanaman ini di rumah akan membuat hoki pemiliknya. 

4. Kamboja

Tanaman hias batang lainnya adalah kamboja. Selain memiliki bunga yang sangat cantik, tanaman dengan nama latin Frangipani ini juga memiliki batang yang unik dan menarik. Ada dua jenis kamboja yang bisa anda tanam, yakni kamboja biasa atau kamboja Jepang. Adapun perbedaan yang mencolok dari kedua jenis ini adalah ukuran batang kamboja Jepang yang jauh lebih besar serta akarnya menyerupai umbi, sedangkan kamboja biasa bantangnya kecil. 

Tanaman Hias Batang Untuk Mempercantik Rumah Anda

5. Pandan Bali

Pandan bali ini memiliki batang panjang dengan tekstur daun halus, tipis, dan tidak berduri. Daunnya akan nampak semakin indah saat ditanam secara bergerombol. Selain dapat memperindah rumah, tanaman ini juga bisa menyaring kotoran serta debu di sekitar rumah.

Tanaman Hias Batang Untuk Mempercantik Rumah Anda

6. Kaktus

Kaktus atau Cactacease ini merupakan tanaman berbatang yang sangat populer dan banyak ditemukan di daerah savana. Meskipun demikian, kaktus ini juga bisa hidup di tanah kering atau di lingkungan panas yang tidak membutuhkan banyak air. Untuk menanamnya, anda bisa menanam kaktus ini di pekarang rumah, bahkan ada katus mini yang bisa ditanam di dalam pot dan bisa juga dijadikan pajangan di dalam rumah. 

Tanaman Hias Batang Untuk Mempercantik Rumah Anda

Baca Juga : Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Halaman Rumah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *