General

Tampil Eksotis Mengenakan King Baba dan King Bibinge – Pakaian Adat Kalimantan Barat

Eksotisme Pakaian Adat Kalimantan Barat - MerahPutih

Indonesia terkenal dengan negara yang kaya akan budaya. Salah satu bukti nyata keragaman tersebut adalah keragaman pakaian Adat. 

Jauh sebelum industri mode masuk ke Indonesia, penduduk Indonesia sudah lebih dahulu memiliki gaya pakaian yang  keren dan unik. Salah satunya adalah pakaian adat suku Dayak yang ada di Kalimantan Barat. 

Pakaian adat Suku Dayak di Kalimantan Barat ini sarat akan nuansa etnik dan ciri khas. Hal itu dapat dilihat dari motif dan pernak-pernik yang digunakan.

Pada Suku Dayak pakaian adat laki-laki berbeda dengan perempuan, pakaian adat laki-laki disebut King Baba, dan pakaian adat perempuan disebut King Bibinge. Kedua pakaian ini dibuat manual berbahan dasar dari alam.

7 Pakaian Adat Kalimantan Barat - Tambah Pinter

King Baba berbentuk seperti rompi yang dibuat menggunakan kulit kayu Kapuo atau Ampuro (Salah satu tumbuhan endemik Kalimantan yang memiliki serat tinggi). 

Pembuatannya dibuat manual dengan cara dipukul-pukul diatas kayu dan dalam air, dipukul menggunakan alat pukul bulat dari kayu, hingga kulit kayu yang keras berubah menjadi lunak dan lemah, lalu dijemur dibawah sinar matahari sampai kering. Baru kemudian diberi lukisan etnis khas dayak dan dibentuk menyerupai rompi tanpa lengan. 

King Baba dikenakan bersama perhiasan dan ikat kepala segitiga yang terbuat dari bulu burung Enggang Gading sehingga membuatnya terlihat eksotis. 

Untuk perhiasan dikenakan gelang tangan, juga kapuak penutup aurat laki-laki Suku Dayak.

Sebagai pelengkap juga digunakan Mandau yang merupakan senjata khas Kalimantan Barat. Mandau dibuat khusus sebagai senjata khas Suku Dayak. 

Pakaian adat King Baba ini dikenal juga sebagai baju perang Suku Dayak.

Pakaian Adat di Kalimantan Barat | Pariwisata Indonesia 

King Bibinge pakaian adat untuk perempuan ini juga di buat dari kulit kayu, sama seperti King Baba. 

Meskipun cara pembuatan dan bahannya sama, King Bibinge  di desain dengan lebih sopan untuk menutupi bagian tubuh perempuan Dayak, dibentuk menjadi kemben untuk menutup dada, rok bawahan, dan stagen.

Baca Juga : Aneka Ragam Pakaian Adat Banjar Kalimantan Selatan

Karena khusus untuk perempuan, pakaian ini dihias dengan cantik menggunakan manik-manik yang disusun rapi. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *