General

Syarat dan Tata Cara Wudhu yang Perlu Diketahui

Sebelum melaksanakan ibadah sholat wajib maupun sunnah, semua umat muslim wajib melaksanakan wudhu. Wudhu dilakukan untuk mensucikan diri dari hadast kecil. Selain itu, wudhu yang dilakukan dengan baik dan benar maka amalan ibadah Anda akan diterima oleh Allah SWT. Sebelum Anda melaksanakan wudhu, Anda wajib mengetahui tata cara wudhu yang baik dan benar. Adapun beberapa hal lainnya yang perlu diketahui mengenai wudhu yaitu syarat wudhu dan rukun wudhu. Berikut ini adalah tata cara dan beberapa hal lainnya yang perlu Anda ketahui. 

Syarat dan Tata Cara Wudhu yang Perlu Diketahui

Tata Cara Berwudhu yang Baik dan Benar

Tata cara berwudhu juga disebut dengan rukun wudhu. Terdapat beberapa rukun wudhu yang harus Anda lakukan dengan tertib supaya wudhu menjadi sah dan ibadah Anda pun khusyuk. 

  • Membaca niat wudhu. Sebelum Anda melaksanakan wudhu, niat merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan. Berikut ini adalah niat wudhu yang harus Anda baca “Nawaitul Wudhuu a liraf’il hadatsil ashghari fardhal lillaahi ta’aalaa.”
  • Membasuh telapak tangan hingga sela-sela jari sembari membaca “bismillahirrahmanirrahim”
  • Langkah selanjutnya yaitu membasuh muka sebanyak tiga kali. Pastikan Anda membasuh wajah dari ujung kepala mulai dari tumbuhnya rambut hingga ke dagu.
  • Membasuh tangan sampai ke siku sebanyak tiga kali. Lakukan dengan membasuh tangan kanan terlebih dahulu lalu dilanjutkan tangan kiri secara bergantian. Lakukan gerakan ini hingga tiga kali.
  • Mengusap bagian kepala dan kedua telinga. Langkah selanjutnya yaitu dengan membasuh kepala dan membersihkan telinga.
  • Membasuh kaki. Langkah yang selanjutnya yaitu membasuh kedua kali dimulai dari telapak kaki hingga bagian mata kaki. Pastikan Anda juga membasuh bagian sela-sela jari kaki. Lakukan gerakan tersebut sebanyak tiga kali. Anda bisa membasuh kaki bagian kanan terlebih dahulu kemudian dilanjutkan kaki kiri. 
  • Tertib. Rukun wudhu atau tata cara berwudhu yang sah yaitu melakukan gerakan-gerakan tersebut diatas secara tertib atau berututan.

Selain mengetahui tata cara berwudhu yang baik dan benar yakni melakukan gerakan wudhu secara tertib, mengetahui syarat-syarat wudhu juga sangat penting dilakukan. Berikut ini adalah syarat sah berwudhu yang perlu Anda ketahui.

  • Tidak mengenakan benda yang melekat di tubuh yang membuat air sulit untuk masuk ke dalam kulit. Air wudhu yang tidak masuk dengan baik ke kulit akan membuat wudhu Anda tidak sah dan mengganggu ibadah Anda. Hal ini contohnya yaitu menggunakan kutek pada kuku hingga mentato tubuh Anda.
  • Berwudhu menggunakan air yang suci. Air yang suci disini berarti bahwa Anda menggunakan air yang tidak bercampur dengan benda yang tidak najis. 
  • Tidak dalam keadaan haid maupun nifas setelah melahirkan. 
  • Tamyiz. Tamyiz merupakan sebutan bagi seseorag yang berakal dan sudah cukup secara usia untuk melakukan kegiatan yang ringan secara mandiri. 
  • Melakukan wudhu ketika datang waktu sholat. Namun, Anda juga bisa mengambil wudhu ketika Anda hendak mengerjakan berbagai macam aktifitas yang baik. Contohnya saja, ketika Anda hendak berdzikir maupun ketika Anda hendak membaca Al-Qur’an. Melakukan amalan-amalan yang baik juga diutamakan ketika Anda dalam keadaan suci sehingga amalan Anda bisa diterima oleh Allah SWT.

Dengan mengetahui tata cara berwudhu serta syarat sah wudhu, Anda bisa melakukan wudhu dengan baik dan benar. Selain itu, tetap menjaga wudhu juga memiliki keutamaan yang sangat baik. Sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak pahala dengan menjaga wudhu Anda. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *