General

Manfaat Berwudhu Dalam Kehidupan Sehari-hari

Setiap ibadah selain bernilai wajib, pasti selalu ada manfaat di baliknya. Seperti halnya wudhu yang menjadi kewajiban sebelum melakukan ibadah sholat fardhu, ternyata juga memiliki berkah manfaat tersendiri untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan orang-orang yang bisa menjaga wudhu bisa mendapatkan keutamaan dan keistimewaan dari Allah SWT.

Orang yang menjaga wudhu tentunya selain juga melakukan tata cara wudhu sesuai rukunnya, juga melakukan sunahnya. Nah, apa saja keutamaan bagi orang yang bisa menjaga wudhunya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Berwudhu Dalam Kehidupan Sehari-hari

 

  • Menghapus Dosa Kecil dan Mengangkat Derajat

 

Selain menjadi syarat dalam menjalankan ibadah fardhu, wudhu juga menghapus dosa-dosa atau kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan oleh seseorang.

Selain itu, Allah SWT juga akan mengangkat orang yang berwudhu. Dalam sebuah hadis dari riwauat Imam Muslim disebutkan bahwa Rosulullah Muhammad SAW memberikan anjuran kepada para sahabat. Saat itu beliau mengatakan bahwa para sahabat dianjurkan untuk menyempurnakan wudhu di pagi hari yang dingin.

 

  • Menghilangkan Belenggu Kemalasan

 

Manfaat wudhu juga bisa menghilangkan belenggu kemalasan. Seperti ketika pada pagi hari, saat Anda sedang sangat ngantuk-ngantuknya, maka gunakan wudhu untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut.

Adanya belenggu ini merupakan godaan dari setan. Sedangkan setan akan takut dengan hal-hal yang suci. Seperti ketika seseorang berwudhu, maka setan akan melepaskan belenggunya.

 

  • Dikabulkan Keinginannya

 

Saat orang berada dalam kondisi berwudhu, maka dia terbebas dari semua hadas kecil. Artinya dia secara jasmani adalah orang yang suci.

Dalam keadaan tersebut, seseorang tersebut akan lebih mudah mendapatkan keinginannya, dengan terkabulkan doa-doanya.

Hal ini sesuai dengan sebuah hadis yang mengatakan bahwa seseorang yang berwudhu akan diberikan apapun yang diinginkannya oleh Allah SWT. Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu Hibban.

 

  • Wajah Berseri-Seri

 

Berkah dan manfaat berwudhu juga bisa terlihat dari wajahnya yang berseri-seri. Air wudhu dari sisi Allah SWT merupakan cahaya yang akan membekas pada wajah orang yang berwudhu tersebut.

Dengan demikian, semakin banyak seseorang menjaga wudhu, maka semakin terang cahaya yang ada dalam dirinya. Hal ini juga sesuai dengan riwayat dari Imam Ahmad bahwa pada hari kiamat umat Rosulullah SAW akan terlihat bercahaya karena bekas wudhu. 

Lebih lanjut dari hadits tersebut Rasulullah SAW menganjurkan untuk menjaga wudhunya. Akan lebih baik jika Anda bisa menjaga wudhu setiap saat.

 

  • Menjaga Tubuh Tetap Sehat

 

Wudhu juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Daya tahan tubuh orang yang terbiasa berwudhu akan lebih kuat dan menjaga kondisi tubuh selalu dalam keadaan sehat.

Hal ini bahkan dibuktikan dengan penelitian dari seorang psikiater dari Austria, Leopold Wiener. Penelitiannya membuktikan bahwa wudhu akan merangsang saraf tubuh dan menguatkan daya tahan tubuhnya.

 

  • Mencegah Terjadinya Penyakit Kulit

 

Orang yang terbiasa berwudhu juga akan membuat kulit bisa terjaga kesehatannya. Dengan adanya air wudhu ini kulit akan lebih tahan terhadap berbagai macam serangan penyakit, bakteri, dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan berwudhu kulit seseorang akan selalu dalam keadaan bersih. Karena itulah kulit orang yang terbiasa berwudhu akan selalu sehat dan terlihat lebih bersih dan segar.

Baca Juga : Niat Wudhu dan Hal Yang Membatalkan Wudhu

Itulah berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari berwudhu. Semakin banyak Anda menjaga wudhu, maka semakin banyak pula manfaat yang bisa didapatkan. Dari berbagai manfaat tersebut banyak orang yang ingin selalu menjaga wudhu, dan terus mengulanginya minimal dalam waktu 5 kali sehari, yaitu saat melakukan sholat fardhu. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *