General

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Imlek

Advertisements

Makanan-Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Imlek
Imlek atau Tahun Baru China adalah perayaan yang sangat penting bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Dalam perayaan ini, ada berbagai tradisi dan adat istiadat yang dijalankan, termasuk dalam hal makanan. Ada beberapa makanan yang dipercaya membawa keberuntungan dan harus dimakan saat Imlek, namun ada juga makanan yang sebaiknya dihindari karena dipercaya membawa sial atau malapetaka. Berikut ini adalah beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat Imlek:

1. Makanan Berbentuk Bulat

Pertama, makanan yang berbentuk bulat seperti telur atau buah-buahan sebaiknya dihindari. Bentuk bulat ini melambangkan siklus hidup yang berkelanjutan, yang berarti bahwa jika Anda memakan makanan ini, Anda mungkin akan mengalami siklus kehidupan yang sama di tahun mendatang. Ini bisa diartikan sebagai tidak adanya kemajuan atau perubahan dalam hidup Anda.

Efektif Turunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Telur Rebus
Sumber: Halodoc

2. Makanan Berwarna Gelap atau Hitam

Kedua, makanan yang berwarna hitam atau gelap seperti kacang hitam atau daging merah juga sebaiknya dihindari. Warna hitam dan gelap ini sering dikaitkan dengan kematian dan kesedihan dalam budaya Cina. Oleh karena itu, memakan makanan ini dapat dianggap sebagai tanda buruk untuk tahun yang akan datang.

3 Cara untuk Memasak Kacang Hitam (Frijoles Negros) - wikiHow
Sumber: WikiHow

BACA JUGA: 5 Perlengkapan Bridal Shower yang Harus Anda Siapkan Agar Menarik!

3. Makanan dengan Tekstur Keras atau Kasar

Ketiga, makanan yang memiliki tekstur keras atau kasar seperti kerang atau daging yang tidak dimasak dengan baik juga sebaiknya dihindari. Tekstur ini melambangkan kesulitan dan rintangan dalam hidup. Jadi, jika Anda memakan makanan ini, Anda mungkin akan menghadapi banyak kesulitan dan rintangan di tahun mendatang.

Advertisements
Resep Tumis Tudai, Sajian Kerang Darah Khas Kalimantan Utara
Sumber: Kompas.com

4. Makanan dengan Rasa Pahit

Keempat, makanan yang memiliki rasa pahit seperti kopi atau cokelat hitam juga sebaiknya dihindari. Rasa pahit ini melambangkan penderitaan dan kesulitan dalam hidup. Oleh karena itu, memakan makanan ini dapat dianggap sebagai tanda buruk untuk tahun yang akan datang.

Resep Cara Membuat Cookies Biji Kopi - Lifestyle Fimela.com
Sumber: Fimela

5. Makanan dengan Bau yang Kuat

Terakhir, makanan yang berbau kuat seperti bawang putih atau durian juga sebaiknya dihindari. Bau kuat ini sering dikaitkan dengan energi negatif dan dapat mengganggu keseimbangan energi positif yang dibawa oleh perayaan Imlek.

11 Resep Aneka Olahan Durian Enak dan Bikin Nagih - Lifestyle Fimela.com
Sumber: Fimela

Kesimpulan

Di atas merupakan beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat imlek. Namun, penting untuk diingat bahwa ini hanyalah panduan dan bukan aturan yang harus diikuti secara ketat. Setiap orang memiliki kepercayaan dan tradisi mereka sendiri, dan apa yang mungkin dianggap sebagai tanda buruk oleh satu orang mungkin tidak dianggap demikian oleh orang lain. Yang terpenting adalah merayakan Imlek dengan sukacita dan kebahagiaan, dan berharap untuk tahun yang penuh dengan keberuntungan dan kemakmuran.

BACA JUGA: Mengenal Sifat, Karakter, Asmara, Keuangan dari Zodiak Scorpio

Advertisements

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *