General

Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Halaman Rumah

Ada pepatah yang mengatakan “Rumahku Surgaku”. Artinya rumah itu harus menjadi tempat yang indah, nyaman, dan menyenangkan bagi penghuninya. Nah, untuk memperindah rumah, anda bisa coba membuat taman kecil di halaman rumah yang dipenuhi dengan berbagai tanaman yang cantik. 

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang jenis tanaman yang cocok untuk halaman rumah sebagai berikut ini :

1. Pohon Palem

Tanaman yang pertama untuk halaman rumah adalah pohon palem. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis pohon palem yang sangat ideal ditanam di halaman rumah. Selain itu, pohon palem ini sangat cocok ditanam di suhu tropis seperti di Indonesia. Dari sekian banyak jenis pohon palem diantaranya adalah pohon palem botol dengan batang pohonnya yang unik, pohon palem ekor tupai yang mekar di bagian dedaunannya, hingga pohon daun palem kipas yang megah dan ukurannya cukup besar. 

Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Halaman Rumah

Bukan hanya itu, ada juga palem merah atau kuning dengan ciri khas sesuai namanya masing-masing, yakni merah yang sangat menawan di bagian ruas pelepahnya dan guratan dan keemasan yang bisa memperindah halaman rumah anda. 

2. Bunga Kembang Sepatu

Kelebihan dari bunga kembang sepatu yang nama latinnya Hibiscus Rosa ini adalah mempunyai berbagai variasi warna yang indah seperti, kuning, merah, putih, hingga kuning. Berkat bunganya yang sangat indah dan mencolok, sehingga bisa membuat tampilan halaman rumah anda akan semakain cantik, asri, dan mempesona. 

Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Halaman Rumah

Selain dapat mempercantik halaman rumah, ternyata tanaman yang satu ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Hampir seluruh bagian dari bunga ini, mulai dari akar, batang, daun hingga kelopak bunga dapat memberikan manfaat kesehatan seperti mencegah tekanan darah tinggi, memperlancar peredaran darah, hingga berfungi sebagain tonik. Keren kan?

3. Pohon Mangga

Tanaman untuk halaman rumah berikutnya adalah pohon mangga. Karena memang pohon mangga ini merupakan salah satu jenis tanaman halaman rumah yang paling disukai masyarakat Indonesia. Sudah banyak orang yang berhasil membudidayakan pohon mangga hingga sukses. 

Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Halaman Rumah

Untuk menanam pohon mangga, anda bisa memulainy dari bibit buah mangga dan media pot besar atau gundukan tanah yang memadai. Selain dapat memberikan estetika halaman rumah, pohon mangga ini juga bisa dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumi. 

4. Pohon Kamboja

Pohon kamboja ini bisa menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin memiliki halaman rumah dengan sentuhan khas Bali yang sangat kental. Karena memang, pohon kamboja ini merupakan pelengkap yang paling ideal bagi gaya arsitektur tradisional. 

Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Halaman Rumah

Pasalnya, salah satu gaya arsitektur paling populer itu cenderung dipasangkan dengan dekor atau hiasan tropis. Nah, pohon kamboja inilah yang menawarkan hal itu terutama kalau tingginya sudah mencapai lima meter. 

5. Bunga Melati

Tanaman untuk halaman rumah lainnya adalah bunga melati. Bunga melati merupakan jenis bunga khas Indonesia yang memiliki aroma halus dan berwarna putih menawan. Meskipun selalu dikaitkan dengan hal-hal yang mistis, tetapi bunga melati ini sangat disukai oleh kaum wanita dan bisa mendukung penampilan cantik di halaman rumah anda. 

Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Halaman Rumah

Untuk menanam bunga melati, anda bisa memulai menanamnya dengan menggunakan media pot bunga. Apabila sudah tumbuh secara sempurna, polybag tersebut bisa anda letakkan di atas tembok pagar atau digantung di halaman rumah. Selain menanam, cara merawatnya pun sangat mudah, anda cukup menggunting cabang yang kurang rapi secara teratur, memberikan pupuk dan air, serta menyiangi secukupnya setiap hari. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *