Advertisements
Begini Hukum Percaya Ramalan Zodiak dalam Islam, Masuk Kategori Syirik -  Celebrities.Id
Sumber: Celebrities.id

Ramalan nama-nama bintang kelahiran atau zodiak sudah sangat umum ditemukan dimana pun kita berada, terutama di media sosial hingga pembahasan di belakang majalah maupun koran. Tetapi, bagi umat muslim, lebih baik kita menghindari percaya pada ramalan zodiac atau bahkan membaca nama-nama bintang kelahiran. Hukum mempercayai ramalan zodiak perlu dipahami.

Dikhawatirkan sekalinya kita membaca ramalan zodiak atas dasar ingin mengetahui saja, nantinya ditakutkan akan berlanjut hingga mempercayai sepenuhnya. Namun, Anda perlu pahami dulu hukum mempercayai ramalan zodiak dalam ajaran agama islam dibawah ini!

  • Hukum percaya ramalan nama-nama bintang kelahiran

Bagi umat muslim yang tertarik dan percaya dengan ramalan nama-nama bintang kelahiran, mungkin Anda perlu menghentikannya dan memahami hukum dalam agama islam soal ini. Seperti yang kita ketahui, ramalan zodiak ini memang sangat menarik, karena membahas seputar percintaan, karir, kehidupan, dan lainnya.

Dalam ajaran islam, kita dilarang dan tidak diperbolehkan untuk mempercaya ramalah, karena perbuatan syirik. Hal ini terdapat dalam surat An Naml ayat 65 yang berisikan:

“Katakanlah (Muhammad), Tidak ada sesuatu pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah. Dan mereka tidak mengetahui kapan mereka akan dibangkitkan.” (QS. An Naml: 65)

Selanjutnya, hukum ini juga terdapat dalam firman Allah melalui surat Al-Jinn ayat 26-27 yang berbunyi:

“Dia mengetahui yang gaib, tetapi Dia tidak memperlihatkan kepada siapapun tentang yang gaib itu. Kecuali kepada Rasul yang diridhai-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di depan dan di belakangnya.” (QS. Al-Jinn : 26-27)

Adapun hadits yang menjelaskan tentang seseorang yang membaca dan mempercayai zodiak ataupun mendatangi dukun akan tidak diterima salatnya selama 40 hari. Hadist ini berasal dari HR. Muslim, Abu Daud, Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah yang berisi:

Advertisements

“Barangsiapa yang datang ke tukang ramal lalu memercayai apa yang dikatakan maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari.”

Dari hadist diatas, An-Nawawi memberikan penjelasan lebih rinci terkait salat tersebut. Maksudnya, nantinya salah Anda bukan tidak sah, melainkan Anda tidak akan mendapatkan pahala selama 40 hari.

  • Alasan orang percaya zodiak

Mungkin bagi beberapa orang, zodiak kurang masuk akal dan tidak akurat. Tetapi, terdapat banyak orang yang mempercayai zodiak karena alasan tertentu, seperti karena fenomena barnum effect atau nama lainnya disebut sebagai forer effect.

Definisi dari barnum effect yaitu fenomena yang dialami oleh seseorang mengenai deskripsi tentang personal yang berkaitan dengan dirinya. Setiap peramal hingga pembuat horoskop menggunakan barnum effect yang akan membuat pembacanya yakin dan percaya, meskipun deskripsi ditujukan kepada banyak orang.

  • Cara menghindari baca ramalan zodiak

Bagi Anda yang ingin menghentikan aktivitas membaca tentang ramalan zodiak ataupun nama-nama kelahiran bintang, Anda bisa ikuti beberapa cara menghincara baca ramalan zodiak dibawah ini:

  • Biasanya ramalan zodiak muncul di media sosial seperti Twitter atau Instagram. Anda bisa melakukan mute akun ramalan zodiak agar Anda tidak melihatnya, serta Anda bisa lakukan mute kata nama-nama bintang kelahiran di Twitter
  • Hindari membaca iseng ramalan zodiak agar tidak kecanduan
  • Hindari membicarakan ramalan zodiak dengan teman atau anggota keluarga

Itulah ulasan mengenai hukum percaya pada nama-nama bintang kelahiran dalam ajaran Islam yang perlu Anda pahami dan ketahui, serta hindari mempercayai ramalan zodiak. Apakah Anda sudah paham hukum mempercayai ramalan zodiak?

Baca juga: Seperti Apa Pokok Ajaran Islam Yang Sesuai Hadits ? Yuk Simak

Sumber: https://hariancewek.com/

Advertisements