Dari-Unik-Hingga-Mistis-Deretan-Tradisi-Suku-Toraja-Sulawesi-Selatan
General

Dari Unik Hingga Mistis, Deretan Tradisi Suku Toraja Sulawesi Selatan

obatcinta.com – Suku Toraja adalah suku yang hidup di Sulawesi selatan bagian utara. Nama Toraja berasal dari To Riaja yang artinya orang-orang yang berdiam di negeri atas. Suku ini cukup dikenal karena memiliki tradisi khas yang hanya dapat dijumpai di tanah Toraja.

Berbagai upacara adat yang unik dan kental dengan hal berkarakter dan mistis menjadi pesona tersendiri. Terbukti selalu banyak wisatawan domestik hingga mancanegara yang datang untuk menyaksikan tradisi pada momen tertentu. 

Deretan Tradisi Unik Suku Toraja

Suku toraja memililki beberaa tradisi yang dilaksanakan pada saat-saat tertentu. Pada perayaan tersebut wisatawan kerap berkunjung untuk menyaksikan keunikan tradisi disini lebih dekat. Penasaran? Berikut rangkuman tradisi unik Suku Toraja:

Rambu Solo’

Pertama ada tradisi Rambu Solo’ yakni tradisi pemakaman ala Suku Toraja ang bertujuan mengantar arwah menuju alam akhirat melalui ritual dan doa. Orang-orang suku Toraja memang sangat menghormati leluhur sehingga tradisi ini amat penting. Tidak heran mereka rela mengeluarkan biasa besar untuk melaksanakan tradisi ini.

Rangkaian ritual dalam tradisi Rabu Solo’ mulai dari pertunjukan seni, adu kerbau dan mengantar jenazah. Rangkaian acara bisa berlangsung selama berhari-hari tergantung dengan status sosial keluarga penyelenggara.

Tinggoro Tedong

Tradisi Tinggoro Tedong adalah rangkaian dari upacara Rambu Solo’. Tradisi ini berupa prosesi penyembelihan kerbau yang dipertontonkan. Dalam penyembelihan, kerbau ditebas dengan parang Toraja dan dilakukan dalam sekali tebasan. Dala kepercayan leluhur orang Toraja, kerbau atau disebut Aluk Todolo akan menjadi tunggangan arwah menuju ‘puya’ atau akhirat.

Jika Anda tidak tahan dengan adegan sadis lebih baik jangan menonton langsung. Namun meski terbilang sadis, tradisi ini banyak diminati wisatawan yang ingin melihatnya secara langsung.

Silaga Tedong

Suku Toraja memang dikenal dengan tradisi berupa ritual kematian. Nah, Silaga Tedong masih dalam rangkaian Rambu Solo’ namun ditujukan bagi keluarga yang berduka. Keluarga yang sedang berduka, sanak saudara serta pelayat yang datang akan dihibur dengan adu kerbau. 

Kerbau yang boleh diadu tidak sembarangan. Hanya dipilih dari jenis tertentu dengan harga jual yang fantastis. Kerbau diasu di lapangan basah dan terkadang di areal sawah berlumpur. Pertunjukan adu kerbau ini juga menjadi tontona bagi ara wisatawan.

Baca Juga : 4 Tempat Wisata dengan Pemandangan Menakjubkan di Lombok 

Ma’Nene’

Berikutnya ada Ma’Nene yakni mengganti pakaian dan merias jasad keluarga yang telah lama dikubur. Bagi orang di luar Toraja, tradisi ini terkesan seram namun juga unik. Tradisi ini dilakukan masyarakat Desa Baruppu, Toraja Utara dan hanya dilakukan kalangan bangsawan. Sebab biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit untuk menggelar berbaga ritual.

Tradisi ini biasanya hanya dilakukan tiap tiga tahun sekali tepatnya di bulan Agustus setelah panen besar. dalam prosesnya, jasad dikeluarkan dari peri lalu dibersihkan oleh anak cucunya. Saat pembersihan berlangsung, kaum pria membentuk lingkaran dan menyanikan lagu-lagu kesedihan untuk mengenang kehidupan jasad sebelum meninggal. Dilanjutkan dengan merias dan mengganti pakaian jasad yang telah disiapkan.

Sisemba

Tidak hanya tradisi untuk ritual kematian, ada juga tradisi menyenangkan yang menjadi hiburan. Sisemba dilakukan untuk merayakan panen raya, berupa permainan kaki dilakukan anak-ana hingga orang dewasa. Digelar di lapangan terbuka dan biasanya mempertemukan dua desa bersebelahan untuk saling beradu. 

Dalam satu sesi perandingan, peserta terdiri dari dua orang yang saling berpegangan, kedua kubu akan saling bergerak maju dan melakukan tendangan pada lawan. Sebagaimana pertandingan, akan ada wasit yang memastikan pertandingan berlangsung dengan sportif. 

Itu dia menariknya berbaga tradisi Suku Toraja. Dapatkan berbagai informasi seputar wisata Suku Toraja di sulsel.idntimes.com. Berbagai informasi terupdate kabar Sulsel hari ini terbaru juga tersaji di IDN Times.

Baca Juga : Deretan Festival Ungulan Sulawesi Selatan, Seru dan Menarik !

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *