Advertisements

Keutamaan-Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Keutamaan Puasa di Bulan Ramadan - Kabar24 Bisnis.com

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia karena pada bulan ini terdapat banyak keutamaan yang belum tentu ada di bulan lainnya. Berikut merupakan beberapa keutamaan bulan suci Ramadhan.

1. Bulan Berkah

Ramadhan Bulan Mulia Penuh Berkah - REMAJA PERUBAHAN

“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan atasmu berpuasa..” (HR. Agmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi). Bulan yang diwajibkan berpuasa adalah bulan suci Ramadhan, berarti bulan yang dimaksud pada hadist ini adalah bulan suci Ramadhan.

Selain itu, di bulan yang suci ini, amalan-amalan kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Umat muslim juga dianjurkan untuk bersedekah sehingga bulan ini menjadi suatu keberkahan bagi para fakir miskin.

2. Bulan Penuh Pengampunan

Kajian Ramadhan 37: Banyaknya Pengampunan Dosa di Bulan Ramadhan

Pada bulan suci ini, keutamaan lainnya adalah diampuninya dosa-dosa dan dibukakannya pintu taubat. Muslim meriwayatkan “Shalat lima waktu, Jum’at ke Jum’at dan Ramadhan ke Ramadhan, menghapus dosa-dosa di antara waktu-waktu itu selama dosa-dosa besar dijauhi.”

Ada juga hadist lain yang menyampaikan “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Bukhari dan Muslim). Maka, gunakanlah bulan suci ini untuk bertaubat dan meminta ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah diperbuat.

3. Pahala Berlipat Ganda Di Bulan Ramadhan

IDC - Infaq Dakwah Center

“Pahala umroh di bulan Ramadhan sama dengan pahala haji.” (HR Bukhari dan Muslim). Pada bulan suci penuh berkash ini, amalan-amalan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Karena itulah pada bulan ini umat muslim berbondong-bondong melakukan kebaikan karena pahalanya sangat besar.

Ada juga hadist lain, Ibnu Rajab Rahimahullah berkata, Abu Bakar bin Abi Maryam mengatakan bahwa banyak dari gurunya berkata, “Bila bulan Ramadhan telah tiba, maka perbanyaklah infaqmu, karena infaq di bulan Ramadhan itu berlipat ganda seperti infaq di jalan Allah, dan tasbih di bulan Ramadhan lebih utama daripada tasbih di bulan-bulan lainnya.”

4. Bulan Ramadhan Adalah Bagian Dari Rukun Islam

Bacaan Niat dan Doa Berbuka Puasa Ramadhan Beserta Hadisnya - Ramadan  Liputan6.com

Salah satu wahyu Allah yaitu Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 185 berarti: “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan dari petunjuk-petunjuk ini dan perbedaan (antara yang haq dan yang batil). Oleh karena itu, barang siapa di antara mereka menyaksikan (menjadi saksi).Pada bulan itu, maka puasalah.”

Advertisements

Maksud dari “Bulan Ramadhan menjadi bagian dari rukun islam” adalah karena pada bulan ini umat muslim diperintahkan untuk berpuasa yang mana puasa merupakan rukun islam yang keempat.

5. Doa Akan Dikabulkan

Makna Puasa Ramadhan yang Perlu Kamu Ketahui - Kitabisa.com

Doa yang dipanjatkan pada bulan Ramadhan akan dikabulkan, hal ini disimpulkan berdasarkan hadist: “Sesungguhnya Allah membebaskan sebagian orang dari api neraka setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim ketika dia memanjatkan doa, akan dikabulkan.” (Diriwayatkan oleh al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah). 

Selain hadist di atas, ada hadist lain juga membahas mengenai doa di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil, dan orang yang terzalimi.” (HR. at Tirmidzi).

6. Puasa Di Bulan Ramadhan Bernilai Puasa 10 Bulan

6 Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan 2022, Jadikan Ibadah Lebih Berkah -  Ayo Bandung

Terdapat sebuah hadist yang menyampaikan bahwa: “Barangsiapa yang berpuasa (pada bulan Ramadhan) kemudian berpuasa enam hari pada bulan Syawal, maka itu seperti puasa selama satu tahun.” (HR.Muslim).

Selain itu, ada juga hadist lain yang diriwayatkan oleh Ahmad: “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan, maka satu bulan seperti sepuluh bulan. Dan barang siapa berpuasa setelah itu, berpuasa enam hari setelah Idul Fitri, sama dengan puasa satu tahun.”

Itulah beberapa keutamaan pada bulan suci Ramadhan, semoga bulan ini menjadi berkah bagi kita semua.

Baca juga: 6 Larangan Bagi Wanita Haid Menurut Islam

Advertisements