5-Nama-Lain-Hari-Kiamat-di-Dalam-Al-Quran-Beserta-Artinya
General

Berikut Ini Nama Lain Hari Kiamat Di Dalam Al Quran

obatcintaq.com- Meyakini datangnya hari kiamat merupakan salah satu dari 6 rukun Islam. Jadi, sebagai seorang muslim harus mempercayai akan datangnya kehancuran alam semesta ini. 

Namun, tidak ada seorang pun yang bisa mengetahui kapan hari kiamat itu terjadi. Hanya Allah Subhana wa Ta’ala saja yang mengetahuinya. 

Allah Subhana wa Ta’ala hanya menginformasikan berupa tanda-tandanya saja yang akan terjadi menjelang hari kiamat. Baik itu tanda-tanda kecil atau besar. 

Kita sebagai seorang hamba-Nya, hanya perlu mempersiapkan perbekalan untuk menghadapi hari akhir tersebut. 

Di dalam Al Quran, Allah Subhana wa Ta’ala menyebutkan hari kimat  dengan nama-nama yang berbeda. Hal ini bertujuan agar umat manusia menyadari apa yang akan terjadi di hari kiamat nanti. Berikut beberapa nama lain hari kiamat di dalam Al Quran :

Nama Hari kiamat di Dalam Al- Qur’an

1. Yaumul Ba’ats (Hari Kebangkitan)

Nama lain hari kiamat yang pertama adalah Yaumul Ba’ats atau hari pembalasan. Karena memang semua manusia akan dimatikan dai hari kiamat. Lalu Allah Subhana wa Ta’ala bangkitkan kembali seluruh manusia dari alam kubur. 

Hal ini tercantum dalam surat Ar – Rum ayat 56 yang berbunyi :

Artinya : “Sungguh, kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit. Maka inilah hari berbangkit itu, tetapi kamu tidak mengetahuinya,” (QS. Ar-Rum : 56). 

2. Yaumul Hasrah (Hari Penyesalan)

Hari kiamat juga bisa disebut dengan Yaumul Hasrah yang artinya hari penyesalan. Pada waktu itu banyak manusia yang menyesal saat semua buku catatan amalnya selama hidup di dunia dibuka satu per satu.

Bahkan, ada orang yang memohon kepada Allah untuk mengembalikannya ke dunia walau hanya sebentar saja hanya untuk bersedekah. Namun permohonan tersebut hanyalah sia-sia  karena ketetapan sudah terjadi dan hari kiamat telah datang. Nama yamul hasrah ini tercantum dalam Al Quran surat Maryam ayat 39 yang berbunyi :

Artinya : “Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputuskan, sedang mereka dalam keadaan lalai dan tidak beriman.” (QS. Maryam : 39). 

3. As – Sa’ah (Hari Yang Menentukan)

Di dalam AL Quran hari kiamat juga bisa disebut sebagai As-Sa’ah yang artinya hari yang menentukan. 

Hal ini sesuai dengan surat Ghafir ayat 59 yang berbunyi :

Artinya : “Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman,” ((QS. Ghafir : 59).

Baca juga : Kumpulan Ucapan Belasungkawa Terbaik dan Menenangkan Hati

4. Yaumul Hisab (Hari Perhitungan)

Nama lain hari kiamat selanjutnya adalah Yaumul Hisab atau hari perhitungan. Pada hari itu seluruh amal perbuatan manusia selama hidupnya dicatat oleh malaikat. Baik itu catan baik maupun buruk. Lalu amal tersebut akan dihitung di hari kiamat. Hal ini sesuai dengan surat Shad ayat di 53 di Al Quran yang berbunyi :

Artinya : “Inilah apa yang dijanjikan kepadamu pada hari perhitungan,” )QS. Shad : 53). 

5. Yaumud Din (Hari Pembalasan)

Nama lain dari hari kiamat adalah Yamud Din yang artinya hari pembalasan. Karena pada hari itu semua umat manusia akan mendapatkan belasan yang setimpal atas apa yang diperbuatnya selama hidupnya di dunia. Jika lebih banyak amalan buruknya maka ia akan mendapat balasan neraka. Namun, sebaliknya jika banyak amalan solhenya akan mendapat kenikmatan. 

Hal ini tercantum dalam surat Al Fatihah ayat 4 yang berbunyi :

Artinya : “Yang menguasai di hari pembalasan,” (QS. Al-Fatihah : 4).

Berikut nama-nama hari kiamat yang dapat membuat kamu lebih meyakini bahwa hari kiamat itu pasti datang,sehingga membuat diri selalu berhati-hati dalam bertindak dab berbuat terhadap sesama.

Baca juga : Seperti Apa Pokok Ajaran Islam Yang Sesuai Hadits ? Yuk Simak

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *