Food

8 Ide Menu Sahur Praktis, Enak, Sehat, Dan Mudah Dibuat

Seorang istri atau ibu saat bulan puasa tiba seperti saat ini biasanya dituntut untuk bangun lebih awal, karena harus memasak menu makan sahur untuk suami dan juga anak-anak. Ibu tentunya ingin menyajikan menu sahur yang enak dan sehat kan untuk mereka?

Ingin menghidangkan menu makan sahur yang enak dan sehat bertolak belakang dengan rasa malas untuk bangun lebih awal. Karena itu, berikut dibawah ini ada diperkenalkan 8 ide menu sahur praktis, enak, sehat, dan tentunya mudah dibuat tanpa memakan banyak waktu :

1. Sayur Asem

Menu sayur asem yang sering ditemukan di banyak restoran sunda atau warteg ini mengandung banyak sayur yang baik untuk menjalani ibadah puasa selama seharian penuh. Sayur asem adalah sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang sangat melekat di masyarakat Indonesia. Nutrisi yang terdapat pada kacang panjang, kacang tanah, labu siam, dan jangung juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan juga serat harian ibu dan keluarga. 

5 Resep Sayur Asem dari Berbagai Daerah dan Cara Membuatnya

2. Tumis Tauge

Untuk para ayah wajib makan tumis tauge sesering mungkin, sebab dapat membantu meningkatan kesuburan. Tauge tidak hanya baik untuk hormon saja, namun juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, memelihara kesehatan jantung, serta mencegah kanker. Tentu saja nutrisi yang terkandung dalam tauge dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat. Ibu bisa tambahkan tahu supaya tekstur makanannya menjadi lebih kaya.

Tumis Toge Teri | Resep dari Dapur KOBE

3. Udang Goreng

Hidangan laut berupa udang goreng juga bisa dicoba menjadi menu sahur yang praktis. Sebelum tidur di malam hari, ibu bisa siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan supaya saat bangun di waktu sahur, tinggal menggoreng udang tepungnya saja. Praktis, bukan?

Resep Udang Goreng Tepung Sederhana, Nikmat Banget

4. Sup Timlo

Sup timlo atau sup kimlo memiliki daya tahan yang cukup baik untuk dijadikan menu makan sahur ibu dan keluarga. Kuah bening yang gurih serta sayur dan daging dijamin membuat ibu dan keluarga di rumah ketagihan sahur dengan menu makanan ini.

5 Resep Sop Kimlo Gurih dan Berkuah Hangat | Orami

5. Pecel Madiun

Jika ibu dan keluarga tidak mengkonsumsi daging untuk menu sahur. Ibu bisa coba pecel Madiun sebagai menu santap sahur praktis. Ibu bisa membuat sendiri atau membelinya. Namun jika membelinya pastikan antara sayur dan bumbu kacangnya itu dipisah supaya makanan bisa tahan lebih lama.

5 Nasi Pecel Madiun Yang Legendaris Dan Ngehits Abis

6. Cah Kangkung

Untuk membuat cah kangkung ini tidak butuh waktu berjam-jam, cukup dengan waktu sekitar 15 menit saja, ibu sudah bisa menyajikan menu sahur yang enak ini. Bahan-bahan yang dibutuhkannya juga cukup sederhana yaitu bawang merah, bawang putih, penyedap rasa, dan tentunya sayur kangkung. Ibu bisa berkreasi dengan menambahkan irisan daging sapi atau ayam kedalam cah kangkung.

Cara Memasak Cah Kangkung Lezat Favorit Keluarga

7. Kikil Sapi

Menu sahur praktis, enak, sehat, dan mudah dibuat lainnya adalah kikil sapi. Teksturnya yang kenyal dan lezat membuat menu makanan ini layak disajikan sebagai menu sahur paling tidak sekali dalam sebulan. Namun, perlu diwaspadai untuk tidak mengkosumsi menu ini terlalu sering karena kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi didalamnya.

Resep Masakan Kikil Sapi Enak, Gurih dan Sedap Serta Mudah Cara Membuatnya  | Resep Istimewa

8. Salad Sayur

Menu sahur praktis yang terakhir adalah salad sayur. Menu sahur ini mudah dibuat, ibu hanya tinggal mencampurkan berbagai macam sayur seperti selada, wortel, kol, jagung, lalu tambahkan saus mayonese dan saus thousand island. Dan jadilah salad sayur yang sehat juga nikmat untuk santap sahur yang dapat menambah nutrisi ibu dan keluarga saat sahur.

Resep Salad Sayur dan Saus Thousand Island yang Lezat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *