Advertisements

Menurut para ahli kesehatan, 70 % tubuh kita ini terdiri dari air. Sehingga jika kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh akan mengalami gangguan kesehatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya jika tubuh kita kekurangan air maka akan terjadi dehidrasi, dehidrasi yang berkepanjangan bisa menyebabkan kanker rahim, sinusitas, batu ginjal, tuberkulosis paru, kanker payudara, wasir, obesitas, hipertensi, dispepsia, kolitis, angina, migrain, arthritis, dan rheumatoid. Untuk itulah supaya terhindar dari berbagai penyakit tersebut, kita harus sering banyak mengkonsumsi air putih supaya tetap terhidrasi sepanjang hari.

  1. Mencegah Obesitas

Jika kita minum air putih pada pagi hari ketika perut belum terisi, maka akan mengeluarkan semua racun dan hal tersebut bisa memperbaiki sistem pencernaan kita. Sehingga kita akan menjadi tidak merasa lapar dan hasrat untuk makan akan semakin berkurang, yang akhirnya bisa mencegah terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan.

manfaat air putih

  1. Mencegah Gangguan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan bisa terganggu jika meningkatnya keasaman di perut. Sehingga, bagi penderita maag yang akan dirasakan adalah asam lambung kembali ke kerongkongan. Akan tetapi, jika kita minum air putih pada saat perut belum terisi, maka asam ini akan bisa ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah terjadinya asam lambung meningkat.

Advertisements
  1. Membuat Kulit Semakin Sehat dan Kencang

Perlu anda ketahui bahwa dehidrasi bisa menyebabkan penuaan dini. Dan pada sebuah penelitian menemukan, bahwa dengan minum air putih sebanyak 500 ml pada saat perut belum terisi bisa meningkatkan aliran darah di kulit serta membuat kulit lebih bersinar. Selain itu, dengan memperbanyak minum air putih sepanjang hari, maka akan banyak racun yang akan dikeluarkan dalam tubuh yang bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya.

  1. Bisa Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Pada saat kita tidur di malam hari, tubuh kita ini memperbaiki diri serta mengeluarkan semua racun dalam tubuh.  Sehingga, pada saat kita minum air putih pada waktu perut masih kosong di pagi hari, maka air putih tersebut bisa membersihkan racun di dalam tubuh kita, dan akhirnya tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Selain itu, dengan sering meminum air putih juga bisa membantu untuk meningkatkan produksi sel darah baru dan sel otot.

  1. Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Menurut penelitian, bahwa dengan meminum air putih pada saat perut kosong mampu meningkatkan tingkat metabolisme pada tubuh kita, setidaknya 24%. Sehingga hal tersebut sangat penting, terutama bagi orang-orang yang sedang melakukan program diet. Karena dengan sistem metabolisme yang meningkat, otomatis sistem pencernaan akan menjadi lebih baik, dan kita bisa mengikuti program diet dengan baik jika sistem pencernaan kita bisa lebih cepat untuk menyerap nutrisi.

Itulah kehebatan dari manfaat minum air putih untuk kesehatan tubuh. Dalam hal ini, kita dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 6 – 8 gelas per harinya.

Advertisements