sisca soetomo

Beberapa tahun terakhir, acara masak di televisi semakin menjamur. Terlebih lagi sejak kemunculan salah satu acara lomba memasak dari Amerika Serikat, Master Chef, semakin banyak saja chef-chef cantik dan ganteng yang muncul di televisi. Sayangnya, kadang kala yang tampil di televisi sebagai chef tidak benar-benar punya skill mumpuni di bidang memasak. Tak sedikit aktor atau aktris yang menjadi host acara memasak dengan modal tampang serta sedikit keterampilan memasak. Bahkan kadan yang ditampilkan hanya cara memasak nasi goreng atau bagaimana membuat roti bakar.

Celebrity Chef yang Mewarnai Program Masakan di Televisi

Wah, hal ini berbeda sekali dengan chef yang ada di tahun 1990-an. Saat itu, banyak chef ternama yang punya acara masak di televisi dan hampir semuanya memang ahli di bidang kuliner, terlebih lagi masakan khas Indonesia. Beberapa di antara mereka pun masih aktif di televisi hingga saat ini. Yuk, temui siapa saja mereka!

Sisca Soewitomo

sisca soetomo

Siapa yang tak kenal ibu cantik yang satu ini? Rambut pendeknya yang dipotong sebahu, senyumnya yang ramah, dan juga suaranya yang lembut selalu hadir setiap akhir pekan di salah satu stasiun televisi Indonesia pada tahun 1990-an. Chef yang ahli di kuliner Indonesia dan Asia ini sering sekali membagikan resep makanan rumahan yang mudah dibuat. Selain itu, Sisca Soewitomo juga sering menampilkan resep-resep kue tradisional Indonesia. Meski sekarang sudah berusia 69 tahun, Sisca Soewitomo masih aktif di bidang kuliner, termasuk dengan membintangi beberapa iklan bumbu masakan.

Rudy Choirudin

Rudy Choirudin

Saat ini memang sudah lumrah melihat laki-laki memasak di televisi. Tapi di tahun 1990-an dulu, bisa dibilang Rudy Choirudin adalah satu-satunya chef laki-laki yang sangat terkenal. Rudy pun menjadi idola di kalangan para wanita, terlebih lagi resep yang ia berikan seringkali mudah ditiru. Rudy Choirudin memiliki keahlian di masakan Indonesia dan daerah. Ia pun kini menjadi brand ambassador untuk beberapa jenis bumbu dan rempah instan. Rudy Choiruddin juga sering menerbitkan buku masak-memasak.

Enita Sriyana

Enita Sriyana

Enita Sriyana bisa dibilang merupakan pembawa acara yang mempelopori acara icip-icip kuliner. Melalui acara televisinya yang berjudul Santapan Nusantara, Enita sering berkeliling berbagai tempat untuk mencoba kuliner khas Indonesia. Ia kemudian mempraktekkan cara memasaknya dan memberikan tips-tips memasak yang mudah dilakukan. Santapan Nusantara sendiri tayang selama 13 tahun dan pernah meraih rekor MURI sebagai acara kuliner terpanjang di Indonesia dan dunia. Meski ahli memasak hidangan Indonesia, namun Enita dikenal ahli dalam masakan oriental.

Berliana Febrianti

Berliana Febrianti

Berliana Febrianti memang lebih dikenal sebagai seorang artis. Namun dia juga pernah membawakan sebuah acara memasak di akhir tahun 1990-an. Selain memberikan resep-resep masakan, di acara tersebut tampil juga para chef dan tamu dari kalangan artis.

Kangen juga ya, dengan acara msak zaman dahulu! Kalau dibandingkan dengan saat ini, bisa dibilang sekarang lebih banyak acara masak yang mengajarkan resep-resep makanan modern dan bahkan menu dari luar negeri seperti Jepang, Korea, Perancis, atau Italia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *