Rumah besar dan mahal belum tentu membuat betah orang yang tinggal di dalamnya. Sebab kunci dari kenyamanan rumah adalah penataannya atau yang lebih sering disebut dengan desain interior. Saat ini ada banyak sekali desain interior yang bisa Anda coba terapkan di hunian tanpa perlu membayar seorang desainer. Yang paling mudah tentu saja tema minimalis, di mana penataannya tidak terlalu sulit dengan sedikit barang. Terlebih lagi, tema minimalis memang jadi favorit selama beberapa tahun terakhir sehingga banyak tempat yang menjual perabotan minimalis.

Namun kalau Anda tidak ingin tema yang pasaran dan mau suasana yang lebih hangat, ada baiknya pilih tema Skandinavian. Tema ini terinspirasi dari hunian para penduduk daerah bersalju sehingga dominasi warnanya adalah putih. Perabotan yang banyak digunakan sebagai besar berbahan kayu dan kain karena lebih hangat dan cocok dengan hawa yang dingin.

tema rumah skandinavian

Tips Untuk Menerapkan Tema Skandinavian di Rumah mu

Anda ingin mencoba menerapkan tema ini di rumah? Yuk, simak caranya berikut ini:

Perbanyak warna hitam dan putih

Tema Skandinavian biasanya didominasi oleh warna monokrom hitam dan putih. Anda bisa memulainya dengan mengecat dinding berwarna putih, kemudian memilih karpet putih dan sofa putih. Selanjutnya, cari pelengkap ruangan yang berukuran tidak terlalu besar seperti bantal duduk, rak, meja, taplak, atau lukisan yang berwarna hitam. Cara ini akan membuat ruangan terlihat seimbang dengan warna putih dan nhitam. Kalau Anda menggunakan memilih benda yang berukuran besar dengan warna hitam, maka ruangan akan menjadi terlalu gelap.

Padukan unsur kayu

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, gaya Skandinavian banyak menggunakan unsur kayu yang bisa menghangatkan ruangan. Nah, karena di Indonesia iklimnya sudah cukup hangat, Anda bisa menjadikan perabot kayu hanya sebagai pelengkap saja, misalnya rak, bangku dan meja makan, atau mungkin beberapa aksesori kecil berbahan kayu. Tapi pastikan tidak memasukkan perabotan kayu yang memiliki ukiran, ya. Pilih perabot yang yang punya kesan mentah dan natural.

Masukkan unsur warna lain sebagai penarik perhatian

Bukan berarti seluruh ruangan harus tertutupi dengan warna hitam dan putih, ya. Anda masih bisa kok memasukkan beberapa unsur warna lainnya namun dalam porsi yang kecil. Misalnya saja lampu duduk berwarna merah, alas meja makan berwarna emas, atau lukisan berwarna biru yang dipajang di ruang keluarga. Pemberian warna lain ini dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan interior sehingga tak bosan dengan warna monokrom.

Tambahkan tanaman segar

Supaya hunian menjadi lebih hidup, ada baiknya Anda letakkan beberapa tanaman segar di sudut ruangan. Tak perlu memilih tanaman berbunga, cukup pilih pot dengan tanaman hijau yang menyegarkan mata. Meletakkan akuarium di dalam ruangan juga bisa jadi cara cerdas membuat rumah terasa lebih hidup.

Salah satu prinsip utama desain Skandinavian adalah memanfaatkan space untuk menyimpan barang. Jadi Anda bisa tuh, menaruh rak bertumpuk yang dapat difungsikan sebagai meja atau juga membuat rak tambahan di bawah kolong tempat tidur untuk tempat buku. Selamat berkreasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *