vas

Kaca dan plastik merupakan salah satu masalah yang masih dicarikan solusi tepatnya. Hal itu dikarenakan banyaknya limbah kaca dan plastik yang mana membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun untuk dapat hancur sendiri. Khususnya untuk botol kaca dan plastik, jika Anda memiliki jiwa-jiwa kreatif, maka dapat menjadikannya sebagai barang baru atau didaur ulang menjadi bentuk lain yang lebih bermanfaat daripada harus berakhir di tempat sampah.

Ide Mendaur Ulang Sampah Botol

Berikut ini adalah beberapa ide menarik untuk dapat mendaur ulang sampah botol, baik yang terbuat dari kaca (gelas) atau yang dari plastik.

Pot

pot

Mungkin DIY atau Do It Yourself satu ini adalah yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang di Indonesia atau di negara lain, yaitu mengubah botol-botol plastik menjadi pot bunga atau tanaman. Hal itu dikarenakan caranya yang cukup mudah, yaitu hanya dengan memotong satu sisi dari botol dan kemudian menutup ujung botol dengan tutupnya. Setelah itu isi botol plastik yang sudah terpotong di satu sisinya itu dengan tanah dan campuran pupuk serta tanaman atau bunga yang diinginkan.

Dompet

dompet

Untuk mengubah botol plastik menjadi sebuah dompet mungil nan cantik, caranya cukup mudah. Pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong botol plastik tersebut sehingga menjadi tiga bagian, yaitu bagian atas, tengah dan bawah. Untuk yang digunakan pada DIY ini hanyalah bagian atas dan bawah saja. Setelah itu, satkan bagian atas dan bawah botol yang sudah dipotong tersebut dengan menggunakan zipper atau resleting menggunakan lem atau glue gun.

Lampu

lampu

Memang botol plastik dapat juga digunakan untuk wadah lampu dalam DIY satu ini, namun botol kaca atau gelas dirasa lebih tepat karena memiliki kekuatan yang mampu menahan panas dan juga dapat mempendarkan cahaya ke berbagai arah dengan sempurna. Cara untuk menggunakan botol kaca sebagai wadah lampu cukup mudah. Anda hanya perlu memotong atau menggergeraji bagian bawah dari botol dan kemudian memasangkan kabel, cap sampai dengan bola lampunya sendiri ke dalam botol dengan posisi terbalik.

Vas

vas

Untuk membuat vas dengan cara DIY ini, kedua jenis botol tersebut dapat digunakan. Untuk membuatnya, Anda dapat membiarkan botol dengan warna aslinya atau tetap transparan, namun jika ingin lebih cantik dan menarik, maka Anda dapat mengecatnya dengan warna tertentu sesuai dengan yang Anda inginkan. Tambahkan pemanis, seperti menggunakan ikatan tali yang disusun rapi sampai dengan hal-hal lain yang dapat menyamarkan fungsi asli dari botol tersebut. Kemudian baru Anda dapat memasukkan rangkaian bunga ke dalam botol.

Kotak

kotak

Khususnya jika ingin mendaur ulang botol menjadi sebuah kotak, maka Anda hanya dapat menggunakan botol plastik saja. Cara membuatnya memang cukup rumit dan membutuhkan botol dalam jumlah banyak serta waktu yang tidak sebentar. Untuk membuat kotak dari botol plastik tersebut pertama-tama adalah Anda harus menggunting bagian demi bagian dari botol dengan ukuran yang sama. Setelah botol tersebut terpotong-potong menjadi lembaran panjang, maka langkah selanjutnya adalah mengayamnya menjadi bentuk kubus atau kotak sebanyak 5 sisi dan setelah itu, Anda tinggal menyatukannya menjadi satu.

Bagaimana, mudah mudah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *