dekorasi kamar

Kamar tidur mungkin jadi ruangan di dalam rumah yang paling jarang tersentuh perubahan. Hal ini dikarenakan kamar jarang dilihat orang sehingga Anda merasa tak perlu mempercantiknya. Tapi sebenarnya, memaksimalkan penampilan kamar akan memberikan pengaruh yang cukup besar pada suasana hati Anda. Tak ada lagi yang namanya suntuk atau bosan saat masuk ke dalam kamar. Bisa jadi Anda juga lebih betah melakukan lebih banyak hal di kamar tidur.

Tips Mempercantik Kamar

Tak perlu kok, sampai melakukan renovasi untuk mengubah penampilan kamar jadi lebih indah. Cukup lakukan 3 hal sederhana seperti berikut ini:

Padukan warna dan tekstur

Agar kamar tidak terlihat monoton, Anda bisa memadukan berbagai jenis warna dan tekstur. Jika selama ini kamar hanya didominasi dengan warna putih, cobalah memasukkan beberapa warna lain yang membuatnya lebih ceria, seperti kuning lemon dan juga krem muda. Kedua warna ini tidak akan menghilangkan kesan bersih dari warna putih, tapi di sisi lain bisa menghadirkan sisi lebih cerah dan hangat. Anda juga bisa menambahkan tekstur pada kain yang ada di dalam ruangan. Pilih tirai yang berenda atau sarung bantal dengan dekorasi benang yang menonjol. Anda juga bisa menambahkan tekstur pada benda lain yang ada di kamar, misalnya wallpaper timbul, keset berbulu, atau kap lampu yang memiliki hiasan manik. Perubahan kecil saja bisa membuat kamar tampak berbeda.

Gunakan rak untuk menempatkan barang

Anda mungkin sama sekali tidak keberatan menjajarkan sepatu di bawah tempat tidur atau menumpuk koleksi buku di meja sudut kamar. Tapi coba sesekali manfaatkan rak untuk merapikan segala sesuatu. Jika kamar Anda berukuran kecil, pilih rak yang langsing dan tinggi dengan warna netral serta tidak memiliki ukiran apapun. Sebaliknya kalau kamar Anda cukup luas dan mengusung tema klasik, Anda bisa menggunakan rak yang memiliki detail ukiran. Tempatkan semua barang secara rapi di dalam rak dan biarkan sudut-sudut kamar kosong tanpa tumpukan barang. Seketika ruangan akan terasa lebih luas dan juga terlihat terang.

Pasang foto, hiasan, atau lukisan

Anda mungkin lebih senang memajang foto atau hiasan di ruang tamu dan ruang keluarga yang bisa dinikmati semua orang. Tapi sama sekali tak ada salahnya memasukkan unsur seni ke dalam kamar untuk membuatnya jadi lebih menarik. Anda bisa memajang foto bersama pasangan dan keluarga di salah satu sisi dinding. Atau kalau Anda suka lukisan, tak ada salahnya memilih salah satu lukisan yang cocok dengan tema kamar. Boleh juga lho, memajang hiasan dinding dari perjalanan bulan madu Anda bersama pasangan atau oleh-oleh dari keluarga.

Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk mengubah penampilan kamar dalam sekejap adalah mengganti lampu. Kalau selama ini Anda memakai lampu kuning, cobalah mengubahnya menjadi lampu neon dan sebaliknya. Anda akan menemukan perbedaan yang sangat signifikan jika pencahayaan di dalam kamar berubah. Selamat mencoba dan merasakan perbedaan di kamar lama Anda yang terkesan baru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *